31.000 Personel TNI-Polri Amankan Pelantikan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin

Irfan Ma'ruf · Selasa, 15 Oktober 2019 - 17:38 WIB
31.000 Personel TNI-Polri Amankan Pelantikan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 31.000 personel gabungan TNI-Polri dan Pemerintah Daerah akan diterjunkan untuk mengamankan pelantikan Jokowi sebagai presiden dan KH Ma'ruf Amin sebagai wakil presiden. Pelantikan digelar Minggu, 20 Oktober 2019 pukul 14.30 WIB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, pengamanan dari personel gabungan itu untuk memberikan rasa aman masyarakat termasuk tamu negara asing yang akan menghadiri pelantikan.

"Dengan adanya pelantikan tersebut, untuk menjaga harkat dan martabat negara karena diliput media asing dan juga dihadiri oleh pimpinan negara-negara sahabat dan negara asing," katanya di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2019).

Argo menuturkan, 31.000 personel akan dibagi dalam tiga ring pengamanan terkait pelantikan Jokowi. Ring pertama yakni ruangan pelantikan di gedung DPR, Jakarta Pusat. Personel Paspampres juga dikerahkan guna membantu pengamanan di ring pertama tersebut.

Pada ring kedua di kawasan gedung DPR, di sana ada TNI dan Polri yang menjaga. Terakhir ring ketiga juga ada di sekitar kawasan gedung DPR, yang juga akan dijaga TNI dan Polri.

Pengawalan juga dikerahkan guna mengamankan para tamu dari negara sahabat yang akan menghadiri acara pelantikan tersebut. Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar gedung DPR.

Namun, rekayasa lalu lintas saat pelantikan Jokowi bersifat situasional. "Kemudian untuk lalu lintas nanti situasional dan sudah direncanakan oleh Ditlantas. Nanti kita akan melihat situasi seperti apa," ujar Argo.


Editor : Djibril Muhammad