Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Doa Guru Menggema untuk Negeri, Kemenag Umumkan Donasi Rp150 Miliar di Puncak HGN 2025
Advertisement . Scroll to see content

5 Fakta Pelayanan Haji RI Dikeluhkan Jemaah, Tenda Sempit hingga Toilet Sulit Diakses

Rabu, 19 Juni 2024 - 04:34:00 WIB
5 Fakta Pelayanan Haji RI Dikeluhkan Jemaah, Tenda Sempit hingga Toilet Sulit Diakses
Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR mendorong Pansus Evaluasi Penyelenggaraan Haji 2024 karena banyak keluhan dari jemaah. (Foto: Reuters)
Advertisement . Scroll to see content


Keterangan video menyebut, tenda berukuran sekitar 10x12 meter digunakan untuk menampung hingga 160 jemaah. Saking penuhnya, ada jemaah yang terpaksa tidur di luar tenda, yakni di sekitaran lorong Maktab.

2. Toilet Sulit Diakses dan Kotor

Jemaah haji juga kesulitan mengakses toilet, terutama di Mina. Jumlah toilet yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah jemaah, sehingga antrian panjang sering terjadi. Selain itu, kebersihan toilet juga menjadi masalah, dengan banyak toilet yang kotor dan tidak terawat.

“Pelayanan di Mina banyak sekali (misalnya) tenda yang penuh sesak, banyak AC yang tidak berjalan, penanganan makanan yang tidak sesuai, toilet yang tidak memenuhi kebutuhan jemaah, dan fasilitas air yang sangat kurang, bahkan air minum juga tidak terpenuhi," kata anggota Timwa Selly Andriana.

3. Fasilitas Makanan Kurang Memadai

Fasilitas makanan di Arafah dan Mina juga dikeluhkan jemaah. Variasi makanan yang disediakan terbatas dan porsinya pun kecil. Tak jarang, jemaah harus mengantri lama untuk mendapatkan makanan.

"Makanan yang diberikan juga tidak sesuai dengan standar pelayanan, di mana variannya dinilai sedikit dan seringkali mereka kehabisan jatah makan," kata anggota Timwas DPR Wisnu Wijaya.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut