5 Perwira Polri Dimutasi Jadi Anak Buah Firli Bahuri di KPK

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 05:05 WIB
5 Perwira Polri Dimutasi Jadi Anak Buah Firli Bahuri di KPK

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memutasi 299 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) di lingkungan Polri. Mutasi mencakup lima perwira yang ditunjuk untuk bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

Mutasi dan promosi jabatan tertuang dalam Mutasi tersebut tertuang dalam tiga surat telegram yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Sutrisno Hermawan pada 13 Oktober 2020. Tiga surat telegram tersebut bernomor ST/2933/X/KEP./2020, ST/2934/X/KEP./2020, dan ST/2935/X/KEP./2020.

“Mutasi jabatan hal biasa di dalam Polri sebagai regenerasi, tour of area dan tour of duty, serta dalam rangka mengoptimalkan kinerja organisasi," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono kepada iNews.id, Rabu (14/10/2020).

Dalam mutasi ini, sejumlah perwira menengah berpangkat komisaris besar (kombes) mendapatkan penugasan baru di sejumlah instansi di luar Polri, seperti Badan Narkotika Nasional (BNN), KPK, hingga SKK Migas. Khusus untuk KPK, Kapolri menunjuk lima perwira untuk bertugas di lembaga antirasuah tersebut.

Salah satunya yakni Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono. Alumnus Akademi Kepolisian 1991 ini kembali ke Gedung Merah Putih KPK. Untuk diketahui, Yudhiawan pernah bertugas sebagai penyidik KPK.

Dia selanjutnya dimutasi ke Bareskrim Polri sebagai kasubdit IV dittipidkor. Setelah itu polisi kelahiran Klaten ini dipromosikan sebagai Dirreskrimsus Polda Sulsel dan akhirnya naik ke jabatan lebih strategis lagi sebagai Kapolrestabes Makassar.

Yudhiawan dan empat perwira lain sebelumnya telah dilantik Ketua KPK Firli Bahuri sebagai koordinator wilayah (korwil) KPK akhir September lalu. Dengan demikian, mutasi ini meresmikan tugas baru mereka.

Berikut perwira polri yang bertugas di KPK:

1. Kombes Pol Agung Yudha Wibowo.
Dimutasi dari Kabagmindik Rowassidik Bareskrim Polri sebagai Pamen Bareskrim Polri (penugasan pada KPK). Sebelum berdinas di Bareskrim, dia menjabat sebagai Direskrumum Polda Jatim.

2. Kombes Pol Bahtiar Ujang Permana.
Dimutasi dari Kasubdit IV Dittipidsiber Bareskrim Polri sebagai Pamen Bareskrim Polri (penugasan pada KPK). Dalam rekam jejaknya, Bahtiar pernah menjabat sebagai Kabid Humas Polda Sulut dan dosen utama STIK Lemdikpol.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua