5.945 KUA Direvitalisasi, Menag : Saya Ingin Tak Dikenal Kantor Urusan Pernikahan

Widya Michella · Minggu, 30 Mei 2021 - 08:13:00 WIB
5.945 KUA Direvitalisasi, Menag : Saya Ingin Tak Dikenal Kantor Urusan Pernikahan
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas merevitalisasi 5.945 unit layanan Kantor Urusan Agama (KUA) di seluruh Indonesia. Tujuannya memberikan layanan keagamaan yang lebih mudah, kredibel dan transparan. 

"KUA harus menjadi pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel dan moderat dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama. Setiap pelayanan KUA harus berpegang pada prinsip moderat, inklusif, mudah, andal, kredibel, dan transparan," kata pria disapa Gus Yaqut dikutip dari laman resmi Kemenag, Minggu (30/5/2021).

Hal ini disampaikan Gus Yaqut saat melakukan Pencanangan Revitalisasi KUA di KUA Banjarnegara, Sabtu (29/5/2021). 

Menurutnya revitalisasi KUA ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh kebijakan prioritas Kementerian Agama (Kemenag). Revitalisasi KUA ini dengan cara memanfaatkan teknologi digital agar layanan di KUA makin mudah diakses masyarakat.

"Saya menginginkan KUA tidak lagi dikenal sebagai kantor yang hanya melayani urusan pernikahan, tapi juga pelayanan semua aspek kehidupan keagamaan masyarakat. Dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 34 Tahun 2016 disebutkan ada 9 tugas dan fungsi dari KUA, dan bila kita baca lebih jernih 6 dari 9 tugas dan fungsi KUA adalah pelayanan," katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2