9 Wali Songo: Nama Asli, Asal dan Wilayah Dakwahnya

puti aini yasmin ยท Senin, 10 Oktober 2022 - 13:25:00 WIB
9 Wali Songo: Nama Asli, Asal dan Wilayah Dakwahnya
Wali Songo (Screenshot buku '9 Sunan')

JAKARTA, iNews.id - Wali Songo terdiri dari 9 sunan. Mereka berperan aktif dalam penyebaran agama Islam khususnya di Pulau Jawa. Berikut urutan Wali Songo.

Siapa Sajakah 9 Orang Nama Wali Songo?

9 nama Wali Songo beserta nama aslinya adalah Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria dan Sunan Gunung Jati.

Kisah Wali Songo

  • 1. Sunan Gresik

Daftar Wali Songo pertama adalah Sunan Gresik. Ia memiliki nama asli Maulana Malik Ibrahim dan merupakan ulama keturunan Persia yang datang ke Indonesia pada tahun 1379.

Selain Sunan Gresik, ia juga dikenal dengan sebutan Maghribi atau Syekh Maghribi. Dakwahnya dalam menyebarkan agama Islam dilakukan dengan mendekati pergagulan anak negeri, bertutur kata lembut, penuh ramah-tamah, hingga tidak menentang secara tajam kepercaayaan adat istiadat setempat.

Dikutip dari buku 'Pasti' terbitan Penerbit Duta, berkat cara dakwah seperti itu banyak pemeluk Hindu dan Buddha yang menjadi Islam, terutama dari kalangan kasta Waisya dan Sudra. Sunan Gresik meninggal dunia tahun 1419 dan makam Wali Songo ini berada di Gresik.

Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda