AHY Pastikan Partai Demokrat Beri Bantuan Hukum untuk Lukas Enembe

Carlos Roy Fajarta · Kamis, 29 September 2022 - 11:16:00 WIB
 Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan memberikan bantuan hukum terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe yang terjerat kasus dugaan korupsi. (Foto: MC)

JAKARTA, iNews.id -  Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan memberikan bantuan hukum terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe yang terjerat kasus dugaan korupsi. Namun, AHY memastikan tidak akan melakukan intervensi.

Hal tersebut disampaikan AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (29/9/2022).

"Partai Demokrat tidak akan pernah melakukan intervensi terhadap proses hukum, dalam bentuk apapun," ujar AHY.

AHY sudah menyiapkan tim untuk mendampingi kadernya itu. Menurutnya, kebijakan itu berlaku untuk semua kader yang terjerat kasus hukum.

"Meski demikian sebagaimana yang menjadi ketentuan dalam organisasi, Partai Demokrat tetap akan menyiapkan tim bantuan hukum, jika dibutuhkan. Hal ini berlaku sama untuk seluruh kader Partai Demokrat yang terkena kasus hukum," katanya.

AHY juga sudah mencopot Lukas Enembe dari Ketua DPD Partai Demokrat Papua. Dia menunjuk Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Willem Wandik menjadi Pelaksana Tugas (Plt).

AHY menjelaskan pergantian tersebut untuk menghormati proses hukum yang tengah dilakukan KPK.

"Saudara Willem Wandik adalah salah satu Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, yang juga menjabat sebagai Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat," tutur AHY. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda