Anita Kolopaking Ajukan Praperadilan, Begini Reaksi Polisi

Irfan Ma'ruf · Senin, 10 Agustus 2020 - 00:58:00 WIB
Anita Kolopaking Ajukan Praperadilan, Begini Reaksi Polisi
Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pengacara Djoko Tjandra, Anita Dewi Kolopaking melawan. Anita yang ditahan karena menjadi tersangka kasus surat jalan Djoko Tjandra mengajukan praperadilan atas status barunya itu.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, Polri siap diuji atas penetapan tersangka dan penahanan terhadap Anita Kalopaking. Polri memastikan dalam menahan seorang tersangka telah mempertimbangkan banyak hal.

"Penahanan kewenangan penyidik, kalau memang tidak terima dengan penahanan silakan saja diuji sah tidak-nya penahanan di sidang praperadilan," kata Argo melalui pesan singkat, Minggu (9/8/2020).

Sebelumnya, tim advokat pembela Anita Dewi Kolopaking secara resmi mengajukan gugatan praperadilan terhadap Bareskrim Polri atas ditahannya Anita Dewi Kolopaking, usai diperiksa penyidik Bareskrim. Juru bicara Tim Advokat Pembela Anita Dewi Kolopaking, RM Tito Hananta Kusuma, mengaku keberatan dengan penahanan terhadap Anita Dewi Kolopaking.

"Dan Ibu Anita Dewi Kolopaking telah menandatangani berita acara penolakan penahanan karena tidak terima dengan penahanan yang dilakukan terhadap dirinya dan kami sudah mendaftarkan gugatan praperadilan ke pengadilan negeri terhadap upaya penahanan tersebut," kata Tito melalui keterangan tertulis di Jakarta.

Alasan penahanan tersebut, menurut tim advokat, sebenarnya tidak perlu dilakukan karena Ibu Anita kooperatif. Apalagi telah ada jaminan Anita tidak akan melarikan diri serta tidak menghilangkan barang bukti.

"Tetapi kenapa penahanan tetap dilakukan? Jadi kami melakukan upaya praperadilan untuk menguji penetapan tersangka dan penahanan terhadap Ibu Anita Dewi Kolopaking," ujar Tito.

Editor : Djibril Muhammad