Antisipasi Lahar Dingin Gunung Semeru, Kementerian PUPR Akan Bangun Sabo Dam Baru

Iqbal Dwi Purnama ยท Senin, 06 Desember 2021 - 22:19:00 WIB
Antisipasi Lahar Dingin Gunung Semeru, Kementerian PUPR Akan Bangun Sabo Dam Baru
Kementerian PUPR akan membangun sabo dam baru untuk mengantisipasi lahar dingin Gunung Semeru. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun sabo dam untuk mengendalikan aliran debris atau lahar dingin akibat erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. Sebelumnya sabo dam di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang rusak diterjang banjir lahar pada Oktober 2020.

Kepala Subdirektorat Analisa Data Dan Pengembangan Sistem, Kementerian PUPR, Nazib Faizal mengatakan pembangunan sabo dam akan dilakukan untuk menanggulangi dampak lahar dingin yang terjadi akibat erupsi gunung Semeru.

"PUPR juga akan membuat sabo dam baru dan relokasi rumah warga yang memang berbahaya yang terletak di zona berbahaya," ujarnya dalam konferensi pers, Senin (6/12/2021).

Selain itu Nazib menambahkan saat ini tim Kementerian PUPR akan membangun kembali jembatan yang putus akibat terjangan lahar dingin Gunung Semeru untuk memperkuat konektivitas.

"PUPR akan menyambungkan kembali jembatan yang putus menunggu situasi ketika sudah reda, konektivitas itu penting untuk tanggap bencana, tanggap darurat, penyaluran logistik dan lain sebagainya," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: