Begini Kata Puan soal Peluang Gibran Ikut Pencalonan Pilkada Kota Solo 2020

Felldy Utama ยท Senin, 28 Oktober 2019 - 14:27 WIB
Begini Kata Puan soal Peluang Gibran Ikut Pencalonan Pilkada Kota Solo 2020

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, seusai menyambangi kediaman Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.idGibran Rakabuming Raka tampaknya masih memiliki ambisi untuk ikut berkompetisi di Pilkada Kota Surakarta 2020. Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengatakan, peluang putera sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu untuk maju dalam perebutan kursi wali kota itu masih terbuka, meski DPC PDIP Kota Solo telah memiliki calon sendiri dan telah diajukan ke DPP.

Puan menuturkan, kesempatan Gibran masih sama dengan calon-calon lainnya yang juga ikut mendaftar. Dia pun menjelaskan mekanisme pendaftaran di partainya. Menurut politikus yang kini menjabat ketua DPR itu, para kandidat dapat mendaftar melalui DPC, DPD, maupun DPP PDIP.

“Jadi bisa mendaftar di DPC, mendaftar di DPD. Kemudian, kalaupun di DPD itu sudah tutup, yang bersangkutan itu bisa mencalonkan melalui DPP partai. Jadi, jenjang itu sebenarnya masih bisa dilakukan dan mekanisme itu bisa saja dilakukan,” kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (28/10/2019).

Mantan menko PMK itu berpandangan, sejauh ini belum ada keputusan resmi soal siapa yang akan diajukan partainya dalam Pilkada Kota Solo 2020. Dia menyebutkan, setiap pendaftar termasuk Gibran, akan mengikuti proses uji kelayakan dan kepatutan sebelum akhirnya diputuskan maju atau tidaknya di pilkada.

“Jadi memang selama belum ada keputusan kita membuka lebar pintu pendaftaran bagi siapa saja yang berminat untuk maju pilkada atau menjadi calon yang akan ikut pilkada melalui jenjang kepartaian tersebut,” ujarnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil