Contoh Artikel Singkat Berbagai Tema dan Strukturnya

Ami Heppy S · Jumat, 19 Agustus 2022 - 08:26:00 WIB
Contoh Artikel Singkat Berbagai Tema dan Strukturnya
Contoh Artikel  (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak contoh artikel yang bisa kamu jadikan sebagai referensi belajar. Artikel merupakan salah satu karya tulis yang berisi fakta dan opini. Tujuan artikel adalah untuk memengaruhi, mendidik, memberitahu, meyakinkan, hingga menghibur pembacanya.

Artikel biasanya dipublikasikan di suatu media, baik media cetak maupun website. Secara umum, struktur artikel dibagi menjadi tiga bagian, yakni pernyataan pendapat atau tesis, argumentasi, dan pernyataan ulang atau reiterasi.

Agar lebih memahaminya, kamu bisa menyimak beberapa contoh artikel sebagaimana dirangkum iNews.id dari berbagai sumber berikut ini.

Contoh Artikel 

Cara Menumbuhkan Semangat Belajar

(Tesis)
Setiap hal yang baik dimulai dengan keinginan atau keinginan untuk melakukan sesuatu. Hal yang sama berlaku untuk sebuah kesuksesan. Semakin Anda terus mendorong diri Anda untuk berpengetahuan dan bersemangat untuk belajar, semakin jelas jalan menuju kesuksesan.

(Argumentasi)
Rasa ingin tahu tidak hanya membantu Anda unggul di bidang profesional, tetapi sebuah penelitian menemukan bahwa rasa ingin tahu juga meningkatkan memori dan pembelajaran. Studi tersebut mengungkapkan bahwa rasa ingin tahu melepaskan zat kimia yang terkait dengan motivasi, dopamin. Dopamin dapat memotivasi Anda lebih dari kata-kata apa pun!

Tidak diragukan lagi, tanpa minat atau rasa ingin tahu yang tulus untuk belajar, Anda tidak dapat mengharapkan diri Anda secara alami cenderung untuk mempelajari hal-hal baru. Semangat untuk belajar adalah awal dari kesuksesan Anda. Jangan lupa bahwa Newton menemukan gravitasi ketika dia penasaran mengapa apel jatuh ke tanah daripada naik ke atas. Daftarnya tidak ada habisnya.

Semangat belajar berguna bagi semua orang, karena akan memudahkan Anda untuk berperilaku baik dalam situasi sosial. Dorongan konstan untuk penguasaan adalah syarat untuk maju. Ini merangsang kreativitas Anda dan membantu Anda melihat dunia dari perspektif yang berbeda.

(Penegasan ulang)
Pengetahuan memberi Anda kemampuan untuk melihat yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya. Rasa ingin tahu Anda meningkatkan kreativitas Anda, dan menumbuhkan solusi kreatif.

Contoh 2

Pengaruh Pendidikan Terhadap Kualitas Anak Pedalaman

(Tesis)
Bukan rahasia lagi bila anak-anak yang tinggal di daerah pedalaman sangat sulit mendapatkan kehidupan yang layak seperti anak-anak pada umumnya. Mereka kesulitan mendapat air bersih, mengenyam pendidikan sesuai batas kelayakan pendidikan Indonesia, dan sulit mengikuti perkembangan zaman. Tak hanya itu saja, mereka bahkan tidak mengenal alat komunikasi seperti telepon genggam.

(Argumentasi)
Hal pokok yang menjadi sorotan utama yaitu betapa sulitnya mereka mendapat pendidikan yang layak dan mengenyam pendidikan 12 tahun. Pada faktanya tak semua salah mereka, kesulitan mereka menjangkau lokasi sekolah menjadi masalah karena mereka harus mengarungi sungai. Mereka juga harus berjalan kaki hingga berpuluh-puluh kilometer, bahkan ada pula yang tak memakai alas kaki.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda