Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Sosok Umi Salamah, Dapat Penghargaan dari Prabowo usai Dedikasikan Rumah untuk Pendidikan
Advertisement . Scroll to see content

Contoh Soal Program Pendidikan Profesi Guru dan Jawabannya, Yuk Pelajari di Rumah

Jumat, 06 Oktober 2023 - 18:47:00 WIB
Contoh Soal Program Pendidikan Profesi Guru dan Jawabannya, Yuk Pelajari di Rumah
Contoh soal PPG dan jawabannya (freepik)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – Contoh soal PPG dan jawabannya berikut ini bisa menjadi referensi untuk persiapan para pendidik menghadapi ujian.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh pemerintah demi meningkatkan kualitas guru di Indonesia.

Sebagai tahapan awal dalam rangkaian program PPG tahun 2023, para peserta harus melewati proses pretest terlebih dulu. 

Umumnya, materi yang diujikan pada pretest PPG di antaranya seperti tes pedagogik, materi esensial profesional, dan tes pengetahuan umum.

Bagi peserta yang akan menghadapi tes PPG 2023, dapat mempelajari soal pretest lengkap dengan jawabannya berikut ini, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (6/10/2023).

Contoh Soal PPG dan Jawabannya

1. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut ...

A. Menentukan kriteria keberhasilan belajar
B. Mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D. Merencanakan pengajaran remidi

Jawaban :D

2. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, kecuali ...

A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai bahan dan alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk

Jawaban : D

3. Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut adalah ...

A. Implusive
B. Reflektif
C. Gaya berfikir terikat
D. Gaya berfikir bebas

Jawaban : A

4. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar, dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi. Ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan ...

A. Sosial-emosional
B. Kognitif
C. Moral
D. Spritual

Jawaban : A

5. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ...

A. Mengemukakan gagasan
B. Mengaktualisasikan diri
C. Penciptaan hubungan yang baik
D. Memformulasikan tindakan

Jawaban : C

6. Dalam pembelajaran di kelas, terdapat beberapa siswa yang mampu menentukan banyaknya titik sudut pada bangun ruang berbentuk kubus dengan cara membayangkannya.

Potensi siswa tersebut dari aspek kecerdasannya tergolong ke dalam kecerdasan...

A. Kinestetik
B. Spasial-visual
C. Matematika-logis
D. Intrapersonal

Jawaban: B

7. Guru memebentuk kelompok kelompok belajar dan memeberikan tugas kepada tiap kelompok.

Setiap anggota dari suatu kelompok memberikan tugas dan fungsi tertentu sehingga jika salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersebut tidak dapat di selesaikan.

Karakteristik dari strategi pembelajaran tersebut adalah...

A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran langsung (direct teaching)
D. Belajar kooperatf (cooperatf learning)

Jawaban: A

8. Menurut Jean Piaget, tahap perkembangan intelektual siswa sekolah menengah termasuk ke dalam tahap...

A. Sensorik motorik
B. Pra-operasional
C. Operasional konkret
D. Operasional formal

Jawaban: D

9. Salah satu alat penilaian sikap adalah penilaian diri (self assessment). Kegiatan yang dilakukan adalah...

A. Menilai dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan format
B. meminta siswa untuk saling menilai terkait dengan sikap dan perilaku keseharian menggunakan lembar penilaian
C. Mencatat hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan siswa tentang sikap dan perilaku baik di dalam maupun di luar kelas
D. Meminta siswa untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi

Jawaban: D

10. Guru dapat mengetahui kesulitan belajar siswa jika mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu.

Berikut merupakan ciri-ciri siswa yang mengalami kesulitan belajar atau dikatakan gagal dalam mengikuti pembelajaran, kecuali...

A. Dalam batas waktu yang telah ditentukan, siswa tidak dapat menunjukkan perilaku yang menonjol sesuai dengan indikator-indikator yang telah dirumuskan
B. Dalam batas waktu yang ditentukan, siswa tidak mencapai ukuran tingkat keberhasilan atau penguasaan minimal yang telah ditetapkan oleh guru
C. Tidak dapat mengerjakan atau mencapai prestasi yang seharusnya sesuai dengan tingkat intelegensinya
D. Tidak berhasil mencapai tingkat penguasaan yang diperlukan sebagai prasyarat bagi kelanjutan pada tingkat pelajaran berikutnya

Jawaban: A

11. Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan (sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

Jawaban: C

12. Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah...

A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara peserta didik
C. pembelajaran didominasi arahan dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal

Jawaban: B

13. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara ........

A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

Jawaban: B

14. Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta didik. Adapun instrumen yang digunakan dalam penilaian tersebut adalah :

A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes

Jawaban: A

15. Lingkup penilaian hasil belajar mencakup kompetensi beberapa kompetensi yaitu:

A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial

Jawaban: C

16. Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas disebut penilaian

A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik

Jawaban: C

17. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut

A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber baaan tambahan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda

Jawaban: C

Soal 18. Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali:

A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melakukan prosedur
D. pemecahan masalah dan sikap

Jawaban: D

19. Guru memebentuk kelompok kelompok belajar dan memeberikan tugas kepada tiap kelompok. Setiap anggota dari suatu kelompok memberikan tugas dan fungsi tertentu. sehingga jika salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersebut tidak dapat di selesaikan. Karakteristik dari strategi pembelajaran tersebut adalah:

A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran langsung (direct teaching)
D. belajar kooperatf (cooperatf learning)

Jawaban: A

20. Upaya membimbing siswa untuk mengembang keterampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru:

A. memberi contoh penting toleransi
B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi

Jawaban: B

Demikian ulasan tentang contoh soal PPG dan jawabannya yang bisa dipelajari dengan seksama. Semoga bermanfaat!

Editor: Johnny Johan Sompotan

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut