Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Singkat Beserta Strukturnya

Ami Heppy S · Sabtu, 13 Agustus 2022 - 13:34:00 WIB
Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Singkat Beserta Strukturnya
Contoh Teks Negosiasi Jual Beli  (Foto: Studioroman)

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks negosiasi jual beli bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Teks negosiasi jual beli ini merupakan salah satu jenis teks negosiasi.

Sedangkan pengertian teks negosiasi adalah teks yang memuat bentuk interaksi sosial antara pihak-pihak tertentu yang terlibat dalam suatu masalah karena saling berusaha mencapai tujuan yang berbeda atau bertentangan.

Struktur teks negosiasi umumnya terdiri atas orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup.

Selanjutnya, kamu bisa menyimak contoh teks negosiasi jual beli berikut ini.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli 

Contoh 1

(Orientasi)
Penjual : Silakan bu dilihat-lihat dulu, barang-barang disini antik-antik dan langka lho Bu.

(Permintaan)
Pembeli: Oh iya mbak, kebetulan saya mau mencari lampu gantung. Apakah ada mbak? Saya lihat kok tidak ada ya?

(Pemenuhan)
Penjual : Oh ada bu, di dalam sini. Mari masuk bu untuk melihat-lihat. Nah kalau yang ini lampu antik dari Yogyakarta bu, ini punya motif khas dari Jogja.
Pembeli: Bagus juga ya mbak, ini harganya berapa mbak?
Penjual : Ini harganya 7 juta bu. Maklum barang langka bu yang seperti ini.

(Penawaran)
Pembeli: Waduh mbak kok mahal banget, 5 juta bagaimana? Langsung saya
ambil.
Penjual : Wah maaf ibu belum bisa. Ini barangnya langka bu.

(Persetujuan)
Pembeli : Yaudah deh kalau 6 juta bagaimana mbak? Harganya di pas in saja lah
mbak.
Penjual : Sebenarnya belum boleh bu, tapi untuk ibu, ya udah ngga apa bu.
Pembeli : Oke mbak, setuju ya 6 juta rupiah.

(Penutup)
Penjual : Iya bu, saya bungkus dulu ya bu. Ini bu barangnya.
Pembeli: ini uangnya ya mbak
Penjual : Iya terimakasih bu
Sang ibu lalu pergi meninggalkan toko antik itu.

(Sumber: Kemendikbud)

Contoh 2

(Orientasi)
Penjual: Selamat siang, Pak. Ada yang bisa saya bantu?

(Permintaan)
Pembeli: "Saya ingin beli motor model terbaru. Apakah ada, Pak?"

(Pemenuhan)
Penjual: "Ada, Pak, mari ikut saya."

(Penawaran)
Pembeli: "kalau motor model ini, berapa harganya, Pak?"
Penjual: "Kalau motor itu harganya 25 juta, Pak."
Pembeli: "Harganya bisa kurang lagi nggak, Pak?"
Penjual: "Boleh, mau nawar berapa, Pak?"
Pembeli: "20 juta bisa pak? Gimana?"
Penjual: “Waduh, kalau harga segitu rasanya tidak bisa, Pak."
Pembeli: "Kalau 21 juta, Pak?"
Penjual: "Naikin dikit, Pak. 23 juta pasnya. Bagaimana Pak?."

(Persetujuan)
Pembeli: "Oke, Pak, saya setuju. Uangnya nanti saya transfer."

(Penutup)
Penjual: "Baik, Pak, terima kasih."

Contoh 3

(Orientasi)
Pembeli: “Permisi, selamat siang”,
Penjual: “Iya, selamat siang juga, ada yang bisa saya bantu, nak”?

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda