Dampak Corona, Jokowi : Pola Pikir dan Etos Kerja Harus Berubah

Fadel Prayoga ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 10:21 WIB
Dampak Corona, Jokowi : Pola Pikir dan Etos Kerja Harus Berubah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sidang Tahunan (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia mengambil pelajaran dari terjadinya pandemi virus corona atau Covid-19. Salah satunya yaitu pola pikir dalam menghadapi dinamikan kehidupan harus diubah. Kemudian, bagi pekerja etos bekerjanya juga harus ditingkatkan.

“Pola pikir dan etos kerja kita harus berubah. Fleksibilitas, kecepatan, dan ketepatan sangat dibutuhkan,” kata Jokowi saat menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR, Jumat (14/8/2020).

Menurut dia, krisis ini juga memaksa meninggalkan ritme kerja yang lama, menjadi kerja yang ekstra normal. “Dari cara-cara biasa menjadi cara-cara luar biasa. Dari prosedur panjang dan berbelit menjadi smart short cut,” ujarnya.

Kepala Negar itu menambahkan, efisiensi, kolaborasi, dan penggunaan teknologi harus diprioritaskan. Kedisiplinan nasional dan produktivitas nasional harus ditingkatkan.

“Jangan sia-siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum krisis ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan. Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air, Perjuangan untuk menghambat penyebaran Covid-19, mengobati yang sakit, dan mencegah kematian sudah 9 luar biasa kita lakukan,” kata dia.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq