Datangi Markas UNWTO di Madrid, Puan Minta Dukungan Promosi Pariwisata Indonesia

Carlos Roy Fajarta ยท Minggu, 28 November 2021 - 12:30:00 WIB
Datangi Markas UNWTO di Madrid, Puan Minta Dukungan Promosi Pariwisata Indonesia
Ketua DPR, Puan Maharani mendatangi United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Headquarters di Madrid, Spanyol. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR, Puan Maharani mendatangi United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Headquarters di Madrid, Spanyol. Kunjungan ke markas besar Organisasi Pariwisata Dunia PBB itu dilakukan Puan di sela-sela menghadiri Inter Parliamentary Union (IPU) General Assembly ke-143.

Kedatangan Puan bersama delegasi DPR disambut langsung oleh Sekjen UNWTO, Zurab Pololikashvili, Jumat (26/11/2021). Pada kesempatan itu, Puan menyampaikan dampak pandemi Covid-19 bagi pariwisata Indonesia yang berpengaruh terhadap sektor perekonomian nasional.

“Pandemi Covid-19 berdampak kepada banyak rakyat Indonesia yang hidupnya bergantung dari sektor pariwisata. Maka kunjungan kami ke UNWTO merupakan upaya DPR untuk mendapat masukan dan berdiskusi dalam upaya membuka kembali pariwisata Indonesia,” kata Puan dikutip Minggu (28/11/2021).

Kepada Sekjen UNWTO, Puan menyampaikan Indonesia kini mulai membuka kembali sektor pariwisata menyusul kondisi pandemi Covid-19 yang membaik. Puan mengatakan, pembukaan sektor pariwisata di tiap-tiap daerah di Indonesia tergantung dari tingkat vaksinasi penduduk.

“Contohnya Bali yang 100 persen penduduknya sudah menerima vaksin dosis pertama. Indonesia terus menggiatkan vaksinasi sehingga diharapkan tahun depan telah mencapai target vaksinasi penuh bagi 208 juta penduduk yang menjadi target vaksinasi pada Maret 2022,” tuturnya.

Puan menegaskan, DPR terus melakukan pengawasan untuk pengembangan program-program pariwisata di Indonesia, salah satunya dengan meminta masukan dari UNWTO. Dia pun menyinggung soal pentingnya sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan yang memperhatikan perlindungan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat lokal. 

“Termasuk untuk pengembangan sustainable tourism Indonesia yang membutuhkan dukungan PBB. Maka kami berharap dukungan dari UNWTO untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia di luar Bali seperti Labuan Bajo, Raja Ampat, Danau Toba, dan lainnya,” ucap Puan.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: