Demokrat Sebut Pansus Jiwasraya Dapat Menjangkau Orang-Orang Besar yang tak Tersentuh

Riezky Maulana ยท Minggu, 19 Januari 2020 - 10:54 WIB
Demokrat Sebut Pansus Jiwasraya Dapat Menjangkau Orang-Orang Besar yang tak Tersentuh

Politikus Partai Demokrat, Didi Irawady Syamsuddin (kiri) dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (29/12/2019). (Foto: iNews.id/Ilma De Sabrini)

JAKARTA, iNews.id - Partai Demokrat terus mendesak pembentukan panitia khusus (pansus) guna mengungkap kasus dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Jiwasraya (Persero). Dengan Pansus Jiwasraya terbentuk, dinilai dapat mengungkap kasus tersebut secara terbuka.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin mengatakan, Pansus Jiwasraya dapat menjamin penegakan hukum dan politik dapat berjalan baik, transparan dan akuntabel.

"Serta dapat menjangkau orang-orang besar yang tidak tersentuh (untouchable) yang mungkin terlibat dalam kasus ini," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (19/1/2020).

Anggota Komisi XI ini menuturkan, pansus lebih kuat prosesnya ketimbang panitia kerja (panja). Dengan pansus, menurut dia, dapat memanggil pihak-pihak terkait.

"Dapat meminta bantuan kepolisian untuk menghadirkan pihak-pihak yang tidak mau bekerja sama," kata Didi.

Dia mengatakan, pembentukan pansus akan melibatkan beberapa fraksi atau lintas fraksi karena tanggung jawab keuangan negara dan BUMN. Auditnya akan melibatkan Komisi VI dan Komisi XI mungkin juga Komisi III.

"Dengan bekerja sama maka proses dan kerja Pansus Jiwasraya akan dijamin berjalan baik, transparan dan akuntabel sebagaimana dikehendaki publik," tutur Didi.

Terkait hal itu, dia menilai, pembentukan Pansus Jiwasraya diperlukan karena kasus ini berskala besar dan berpotensi terjadi kerugian negara yang besar mencapai 13,7 triliun. "Diduga terjadinya penipuan (fraud) teroragnisir dan apalagi diduga melibatkan pihak-pihak yang dekat dengan kekuasaan," ujarnya.

Editor : Djibril Muhammad