Densus 88 Telusuri Dugaan JI Dapat Dana Rp70 Miliar Tiap Tahun

Puteranegara Batubara · Jumat, 26 November 2021 - 13:05:00 WIB
Densus 88 Telusuri Dugaan JI Dapat Dana Rp70 Miliar Tiap Tahun
Ilustrasi Densus 88 Anti-Teror. Polisi menyita ribuan kotak amal terkait terorisme(foto: ist)

JAKARTA, iNews.id -Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengaku mendapatkan info soal dugaan yayasan pendana jaringan Jamaah Islamiyah (JI) dapat mengantongi dana hingga Rp70 miliar dalam setahun. Kendati begitu, hal tersebut sejauh ini belum dapat dibuktikan oleh penyidik dari Detasemen lantaran mekanisme pendanaan jaringan yang terputus.

"Ada yang bilang (keterangan tersangka) bisa sampai Rp70 miliar setahun sebenarnya (keuntungan). Tapi kami tidak punya bukti itu dalam konetks pemeriksaan laporan begitu," kata Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Pol Aswin Siregar kepada wartawan, Jakarta, Jumat (26/11/2021).

Menurut Aswin, pengumpulan dana yang dilakukan oleh jaringan teroris tersebut kebanyakan tak tercatat sebagai sebuah laporan keuangan yang sahih. Meskipun, pengelolaan dana tersebut dilakukan oleh yayasan ataupun badan amal yang memiliki keabsahan hukum.

Dana yang dikumpulkan oleh yayasan sayap kemudian digunakan oleh jaringan JI untuk memenuhi kebutuhan operasional. Mulai dari pembelian senjata, penyembunyian teroris yang menjadi buron oleh kepolisian, hingga kegiatan sehari-hari. 

"Kalau yang kita tahu sistem sel terputus atau sistem pengumpulan dana tidak dilaporkan dari bentuk transfer atau lainnya," ujar Aswin. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: