Deretan Oknum Polisi Viral di Medsos akibat Pelanggaran

Erfan Ma'ruf · Senin, 25 Oktober 2021 - 07:26:00 WIB
Deretan Oknum Polisi Viral di Medsos akibat Pelanggaran
Ilustrasi. Oknum polisi yang melanggar aturan ditindak tegas Kapolri (Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah oknum polisi viral di media sosial (medsos) akibat terseret kasus. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada jajarannya untuk menindak tegas anggota yang melanggar aturan. 

Instruksi itu dituangkan dalam surat telegram bernomor ST/2162/X/HUK.2.8./2021 per tanggal 18 Oktober 2021 tentang mitigasi dan pencegahan kasus kekerasan berlebihan yang dilakukan oleh anggota Polri agar tidak kembali terulang. Instruksi tersebut ditandatangani oleh Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo atas nama Kapolri.

Telegram itu diterbitkan menyusul setidaknya ada tiga peristiwa yang dilakukan oleh oknum kepolisian sehingga menjadi sorotan masyarakat. Berikut ini lima oknum polisi yang viral akibat pelanggaran :

1. Aipda Monang Parlindungan Ambarita

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memutasi polisi artis Aipda Monang Parlindungan Ambarita ke bagian Humas Polda Metro Jaya. Ambarita diduga melanggar SOP karena memeriksa paksa handphone warga.

Aksi itu ditayangkan di TV dan viral di media sosial.  Aipda Monang Ambarita kini harus berususan dengan Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) . Jauh sebelum kasus itu, Ambarita yang kian terkenal lewat sejumlah program televisi dan konten akun YouTube Raimas Backbone Official pernah tersangkut kasus serupa.

Saat itu, Kamis (27/8/2020), sejumlah Mahasiswa Pengamat Media dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Universitas Islam Jakarta (UIJ) berunjuk rasa di depan Mapolrestro Jakarta Timur. Unjuk rasa itu dilakukan untuk memprotes unggah salah satu akun YouTube Raimas Backbone Official lantaran menampilkan secara gamblang satu rekannya sebagai pelaku tindak pidana.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: