Kaleidoskop Inews 2021

Deretan Pejabat Ditangkap KPK Sepanjang 2021, Kepala Daerah hingga Wakil Ketua DPR

Arie Dwi Satrio · Senin, 27 Desember 2021 - 18:09:00 WIB
Deretan Pejabat Ditangkap KPK Sepanjang 2021, Kepala Daerah hingga Wakil Ketua DPR
Ilustrasi, deretan pejabat ditangkap KPK sepanjang 2021, ada kepala daerah hingga Wakil Ketua DPR. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah pejabat negara ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sepanjang 2021. Para pejabat yang ditangkap, mulai kepala daerah hingga Wakil Ketua DPR.

Sedikitnya ada tujuh penangkapan terhadap pejabat negara yang sempat mencuri perhatian publik. Mereka ada yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) hingga dijemput paksa.

Penangkapan terbanyak berasal dari kepala daerah. Kasus yang menjerat para kepala daerah didominasi pengadaan barang dan jasa hingga suap. Beberapa kasus di antaranya telah berkekuatan hukum tetap.

Berikut deretan pejabat negara yang ditangkap KPK sepanjang 2021 :

1. Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah

KPK menangkap Nurdin Abdullah pada Sabtu, 27 Februari 2021, dini hari. Nurdin Abdullah bersama beberapa orang lainnya terjaring dalam OTT KPK di daerah Sulawesi Selatan.

Nurdin Abdullah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan suap dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa, perizinan serta pembangunan infrastruktur di Sulawesi Selatan Tahun anggaran 2020-2021.

Kasusnya tersebut kini telah berkekuatan hukum tetap. Nurdin divonis bersalah dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara serta denda sebesar Rp500 juta subsidair empat bulan kurungan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta.

Nurdin Abdullah juga diwajibkan untuk membayar uang pengganti Rp5,8 miliar. Selain itu Majelis Hakim juga mencabut hak politik Nurdin Abdullah untuk dipilih dalam jabatan publik selama tiga tahun setelah menjalani pidana pokok. Nurdin Abdullah telah dieksekusi ke Lapas Sukamiskin Bandung, Jawa Barat.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda