Di Mana Soeharto saat Soekarno-Hatta Proklamasikan Kemerdekaan Indonesia? Ini Jawabannya

Solichan Arif · Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:39:00 WIB
Di Mana Soeharto saat Soekarno-Hatta Proklamasikan Kemerdekaan Indonesia? Ini Jawabannya
Di mana Soeharto saat Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia? (Foto: Istimewa)

Kariernya melesat dengan cepat. Pada 8 Oktober 1943, Soeharto diangkat sebagai Shodancho (Komandan peleton) dan ditempatkan di wilayah Wates, Yogyakarta. Pada tahun 1944, setelah mengikuti pendidikan militer lanjutan di Bogor, Jawa Barat, dia diangkat menjadi Chudancho. 

“Di asrama Peta Bogor dia tinggal bersama-sama dengan Shodancho Singgih,” tulis OG Roeder dalam buku "Anak Desa, Biografi Presiden Soeharto".

Singgih merupakan putra Panji Singgih, teman Bung Karno dalam pergerakan nasional. Pada 16 Agustus 1945, Singgih bersama Sukarni terlibat dalam penculikan Bung Karno dan Bung Hatta yang dikenal sebagai peristiwa Rengasdengklok.

Pada 15 Agustus 1945, di mana para tokoh pergerakan di Jakarta mengalami situasi tegang, Soeharto berada di Brebeg, Nganjuk, Jawa Timur, di kawasan lereng Gunung Wilis. Dia berada di sana sejak Maret 1945.

Sebelumnya, pada akhir 1944 dan awal 1945, dia mondar-mandir antara Solo, Jakarta, dan Madiun. Di Brebeg, Soeharto ditugasi Jepang melatih kembali para prajurit batalyon Peta Blitar yang dilucuti dan kehilangan semangat pasca pemberontakan Shodancho Soeprijadi tanggal 14 Februari 1945.

Pasca pemberontakan yang gagal itu, sisa prajurit batalyon Peta Blitar yang menyerah dialihkan ke Brebeg, Nganjuk. Mereka ditempatkan di sebuah desa sepi, di mana masih rimbun hutan cemara dengan banyak berkeliaran laba-laba hitam beracun. Sebagai hukuman, semua senjata mereka dilucuti dan diganti senjata kayu.

“Soeharto dikirim ke Brebeg, melatih anggota Peta junior untuk menjadi Bundancho sehingga dapat menggantikan senior mereka yang ditahan Jepang,” tulis David Jenkins.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda