Di Mana Soeharto saat Soekarno-Hatta Proklamasikan Kemerdekaan Indonesia? Ini Jawabannya

Solichan Arif · Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:39:00 WIB
Di Mana Soeharto saat Soekarno-Hatta Proklamasikan Kemerdekaan Indonesia? Ini Jawabannya
Di mana Soeharto saat Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia? (Foto: Istimewa)

Pada 18 Agustus 1945, yakni sehari setelah Proklamasi Kemerdekaan, Soeharto masih belum tahu Indonesia telah merdeka. Dia semakin tidak mengerti, ketika setelah melatih prajurit Peta, tentara Jepang tiba-tiba memerintahkan semua untuk bubar.

“Begitu saya selesai melatih prajurit-prajurit Peta tersebut, kami diperintahkan bubar,” kata Soeharto dalam memoarnya seperti dikutip dari buku "Soeharto Di Bawah Militerisme Jepang".

Dua hari kemudian atau 19-20 Agustus 1945, terjadi peristiwa yang membuat Soeharto semakin bingung. Peta dinyatakan telah dibubarkan disusul pelucutan senjata oleh Tentara ke-16 AD Jepang. Sebanyak 13.000 pucuk senjata diserahkan tanpa terjadi insiden.

Yang diketahui Soeharto, sesudah kesatuan-kesatuan Peta menyerahkan senjata, sejumlah perwira tentara Jepang tiba-tiba muncul secara rahasia di lerang Gunung Wilis. Mereka mengabarkan tentara Peta telah dibubarkan.

Para prajurit Peta, termasuk Soeharto dan rekan-rekanya dibebaskan pulang ke tempat asal masing-masing. Sebelum pulang Soeharto dan rekan-rekannya mendapat bayaran enam bulan gaji, ditambah jatah pakaian serta bahan makan berupa beras, garam dan gula.

Soeharto merupakan salah satu dari 2.150 perwira Peta yang dibubarkan sekaligus dilucuti Jepang. Soeharto yang tidak memiliki hubungan dengan para pemimpin gerakan nasionalis kemudian memutuskan pulang ke Yogyakarta.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda