Di Mana Soeharto saat Soekarno-Hatta Proklamasikan Kemerdekaan Indonesia? Ini Jawabannya

Solichan Arif · Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:39:00 WIB
Di Mana Soeharto saat Soekarno-Hatta Proklamasikan Kemerdekaan Indonesia? Ini Jawabannya
Di mana Soeharto saat Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia? (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Namun kabar itu tidak serta-merta tersiar ke seluruh penjuru negeri.

Jepang yang saat itu menjajah Indonesia berusaha menutupi kabar kemerdekaan itu. Salah satu yang belum terjamah informasi tersebut yaitu pasukan Pembela Tanah Air (Peta).

Tentara Peta di luar Jakarta banyak yang belum tahu Indonesia telah merdeka dan Merah Putih telah berkibar. Mereka juga tidak tahu Jepang telah menyerah kepada Sekutu. Salah satunya Chudancho (Komandan kompi) Soeharto yang kelak menjadi Presiden Indonesia kedua.

“Sama sekali tidak terlintas dalam benak Soeharto bahwa Jepang telah menyerah atau terpikir bahwa Soekarno telah menyatakan kemerdekaan Indonesia,“ tulis David Jenkins dalam buku "Soeharto Di Bawah Militerisme Jepang".

Soeharto bergabung sebagai tentara Peta selama 22 bulan. Sebelum di Peta, dia merupakan tentara KNIL (tentara Belanda) yang resmi dimasukinya 1 Juni 1940. Dia meninggalkan KNIL setelah Jepang mengalahkan Belanda.

Di Peta, Soeharto memulai karier sebagai sukarelawan pasukan Kepolisian Jepang, Keibuho. Pada 1 Desember 1942 bersama sejumlah temannya, dia mendaftar Keibuho Yogyakarta.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda