Diberhentikan Jokowi, Sitti Hikmawatty Legawa

Antara ยท Selasa, 28 April 2020 - 19:58 WIB
Diberhentikan Jokowi, Sitti Hikmawatty Legawa

Mantan Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Sitti Hikmawatty. (Foto: dok Sindonews).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo memberhentikan secara tidak hormat Sitti Hikmawatty dari posisi komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) setelah menerima rekomendasi dari lembaga tersebut. Sitti mengaku legawa dan menghormati keputusan itu.

Sitti sempat menyampaikan pernyataan kontroversial yang memicu kritik dari berbagai kalangan. Dia dikritik karena pernyataannya menyebut berenang di kolam renang umum bisa menimbulkan kehamilan bagi perempuan.

"Saya menghormati keputusan Pak Presiden dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya dalam upaya perlindungan anak," kata Sitti dalam konferensi pers secara virtual yang diikuti di Jakarta, Selasa (28/4/2020).

Dia mengatakan telah mengembalikan fasilitas dan inventaris negara pada Senin (27/4/2020) kemarin. Sitti mengaku legawa dan mengambil pelajaran dari hal yang menimpanya.

"Di hari yang baik ini saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin," ucapnya.

Sitti berharap Presiden Jokowi memperhatikan celah hukum dan etika di KPAI agar peristiwa serupa tak menimpa komisioner lainnya dan pegiat hak asasi manusia. Oleh sebab itu dia menilai perlu adanya perbaikan di internal KPAI.

"Saya berharap ada perbaikan di internal KPAI," katanya.

Editor : Rizal Bomantama