Dihukum Berat, Bintara Polda Kalbar Ini Kena Demosi 15 Tahun dan Disuruh Urus Satwa

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 07 Oktober 2020 - 05:05:00 WIB
Dihukum Berat, Bintara Polda Kalbar Ini Kena Demosi 15 Tahun dan Disuruh Urus Satwa
Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Donny Charles Go. (iNews.id/Faisal Abubakar)

JAKARTA, iNews.id - Tindakan tegas diambil Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (Polda Kalbar). Sebanyak 26 personel bermasalah didemosi.

Mutasi personel tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolda Kalbar Nomor: ST/936/X/KEP./2020 tertanggal 2 Oktober 2020 yang ditandatangani Kepala Biro SDM Polda Kalbar Kombes Pol Nuryanto. Dari 26 personel tersebut, seorang di antaranya merupakan perwira.

"Kasusnya beragam dan ini mutasi biasa," kata Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Donny Charles Go dikonfirmasi, Selasa (6/10/2020). Charles menuturkan, demosi dilakukan karena para personel tersebut bermasalah (melanggar hukum atau etik). Namun dia tidak menjelaskan detail kasus masing-masing personel.

Demosi dapat diartikan sebagai mutasi yang bersifat hukuman, berupa pelepasan jabatan dan penurunan eselon serta pemindahtugasan ke jabatan, fungsi, atau wilayah berbeda. Demosi merupakan kebalikan dari promosi.

Dari telegram tersebut, demosi bervariasi antara masing-masing personel tergantung dari kesalahan yang dilakukan. Tertinggi diterima Brigpol Surianto, anggota Bid Propam Polda Kalbar. Dia didemosi sebagai bintara Polres Sambas selama 27 tahun.

Ada pula bintara yang terkena demosi 15 tahun. Salah satunya diterima Brigpol Ajuanto. Anggota Bid Propam Polda Kalbar ini didemosi sebagai bintara Ditamapta Polda Kalbar.

Di tempat barunya itu, dia diarahkan sebagai bintara unit satwa. Dengan kata lain, jika tidak ada pencabutan telegram, selama 15 tahun itu dia akan bertugas mengurus unit satwa.

Perwira pertama (pama) yang terkena demosi yakni Ipda Darmawan, personel Biddokkes Polda Kalbar. Dia dimutasi sebagai pama Pelayanan Masyarakat (Yanma) Polda Kalbar dalam rangka demosi 10 tahun.

Editor : Zen Teguh