DPR Bakal Bahas Isu Pertahanan Laut Natuna dengan Lemhannas dan Wantanas

Sindonews ยท Rabu, 15 Januari 2020 - 10:42 WIB
DPR Bakal Bahas Isu Pertahanan Laut Natuna dengan Lemhannas dan Wantanas

Kapal TNI AL berpatroli di Perairan Natuna, Kepulauan Riau. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNews.idKomisi I DPR bakal mengundang Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) dan Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) untuk membahas isu seputar Laut Natuna dalam konteks pertahanan di Indonesia. Namun, jadwal pasti pertemuan antarlembaga itu belum ditentukan.

“Jadi jadwal paling cepat itu Senin tanggal 20 (20 Januari 2020) itu mengenai Natuna. Dan kami juga ada sesi dengan Lemhannas dan Wantanas mengenai kajian Laut Natuna dan politik identitas dalam pilkada nanti jadi paling utama itu jadi baru minggu depan semua,” kata Anggota Komisi I DPR, Bobby Adhityo Rizaldi, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Dia menuturkan, untuk pekan ini belum ada jadwal rapat dengan pemerintah karena Komisi I masih mengatur jadwal dengan pemerintah. “Sekarang masih kosong dulu jadwalnya masih mengatur jadwal dengan pemerintah,” ujarnya.

Bobby mengatakan, Komisi I DPR juga membahas sejumlah rancangan undang-undang (RUU) yang menjadi usul inisiatif DPR dan menjadi fokus pembahasan. Di antaranya adalah RUU tentang revisi UU Penyiaran dan RUU tentang Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2020.

“Yang kita jelaskan RUU inisiatif kita, RUU Penyiaran inisiatif kita, Bakamla inisiatif kita. Kamtansiber (RUU tentang Keamanan dan Ketahanan Siber) itu pemerintah, belum meminta dari mereka apakah sama seperti dulu inisiatif kita atau inisiatif pemerintah,” ucapnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil