Dukung Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka, KPAI: Pemda Harus Berperan

Carlos Roy Fajarta · Sabtu, 05 Juni 2021 - 14:07:00 WIB
Dukung Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka, KPAI: Pemda Harus Berperan
Ilustrasi (Foto: iNews.id/ihya` ulumuddin).

JAKARTA, iNews.id -  Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan mendukung adanya uji coba pembelajaran tatap muka. Hal ini dia ungkapkan dalam diskusi daring 'Tatap Muka Demi Siswa' yang digelar oleh MNC Trijaya.

"Kesiapan dari 23 sekolah yang dikunjungi ini mencapai angka 74 persen di tahun 2021. Oleh sebab itu,ini kekuatan kita untuk kita dorong,dan kita apresiasi adanya uji coba pembelajaran tatap muka," kata Komisioner KPAI Bidang Hak Sipil, Jasra Putra Sabtu (05/06/2021)

Hal ini didukung juga terhadap kajian yang dilakukan oleh lembaga KPAI. Kajian tersebut meliputi terintegrasinya pihak-pihak terkait dalam penyelenggaraan SOP belajar tatap muka.

"Dari instrumen yang kita susun mulai dari SOP prokes sampai kordinasi antar OPD,terutama satgas. Di Kecamatan sudah ada satgas covid yg sebagian sudah terkonek dengan instrumen sekolah," tuturnya.

Putra juga menuturkan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka itu dimungkinkan untuk dilakukan. Sebab di daerah Pangandaran, telah dilakukan sejak September lalu.

"Sekolah di Pangandaran itu perlu dicontoh secara Nasional, meskipun lalu lintas penduduk ga terlalu banyak tapi mereka mampu buka sejak bulan September," ujarnya

Dalam kesempatan itu juga Putra menganggap Pemerintah Daerah mempunyai peran penting untuk diberlangsungkannya sekolah tatap muka. Hal ini kembali mencontoh di daerah Pangandaran.

"Pangandaran ini APBD mendukung jadi mendorong percepatan pembelajaran tatap muka. Nah kita dorong dari Pemda lain untuk berperan menyiapkan, terutama prokes ini misalnya ada cuci tangan tiap kelas, toilet bersih dan transportasi seperti apa," tuturnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq