Eks Bupati Buru Selatan Segera Diadili terkait Kasus Suap dan Gratifikasi

Arie Dwi Satrio · Kamis, 26 Mei 2022 - 07:04:00 WIB
Eks Bupati Buru Selatan Segera Diadili terkait Kasus Suap dan Gratifikasi
Mantan Bupati Buru Selatan, Tagop Sudarsono Soulisa (foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Mantan Bupati Buru Selatan, Tagop Sudarsono Soulisa bakal menjalani sidang perdana dalam waktu dekat ini. Tagop bakal diadili terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan tahun 2011 sampai 2016.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, tim penyidik telah merampungkan berkas penyidikan Tagop. Berkas Tagop dinyatakan lengkap. Penyidik juga telah melimpahkan berkas penyidikan Tagop kepada tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) atau tahap penuntutan.

"Tim penyidik telah melaksanakan tahap II (penyerahan tersangka dan barang bukti) untuk tersangka TSS dkk pada tim jaksa. Karena, atas pemeriksaan seluruh isi berkas oleh tim jaksa kemudian dinyatakan lengkap," kata Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Kamis (26/5/2022).

Penyidik juga telah merampungkan berkas penyidikan orang kepercayaan Tagop, Johny Rynhard Kasman. Johny akan segera disidang bersama Tagop terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi dalam waktu dekat ini.

Ali mengatakan, kewenangan penahanan kedua tersangka beralih dari penyidik kepada tim jaksa. Tim jaksa mempunyai waktu 14 hari kerja untuk menyusun surat dakwaan keduanya sebelum nantinya dilimpahkan ke pengadilan.

"Pelimpahan berkas perkara dan surat dakwaan ke Pengadilan Tipikor oleh tim jaksa segera akan dilaksanakan dalam batas waktu 14 hari kerja," katanya.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda