Fakta Kehidupan Suku Samin di Pedalaman Blora, Lawan Penjajah Belanda Tanpa Kekerasan

Andin Danaryati ยท Kamis, 13 Januari 2022 - 15:10:00 WIB
Fakta Kehidupan Suku Samin di Pedalaman Blora, Lawan Penjajah Belanda Tanpa Kekerasan
Fakta dan kehidupan Suku Samin di pedalaman Blora, di antaranya memegang prinsip melawan tanpa kekerasan (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Fakta kehidupan Suku Samin di pedalaman Blora, Jawa Tengah, menarik untuk dicermati. Indonesia memiliki beragam suku dan budaya yang tersebar di setiap daerah. Setiap suku memiliki keunikan tradisi dan budaya masing-masing. 

Biasanya suku pedalaman banyak terdapat di luar Jawa, namun ternyata ada satu yang tinggal di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mungkin kurang terdengar namanya, yakni Samin. 

Di tengah kemajuan zaman saat ini, apalagi di Pulau Jawa, Suku Samin tetap mempertahankan adat dan tradisi. Di sisi lain, suku ini tetap berbaur dengan masyarakat umum.

Jumlah mereka saat ini tidak banyak lagi dan mendiamu kawasan pegunungan Kendeng di perbatasan dua provinsi, yakni Blora, Jawa Tengah, dan Bojonegoro, Jawa Timur.

Berikut beberapa fakta Suku Samin di Blora:

1. Diambil dari Nama Orang

Suku Samin berawal dari seorang penduduk desa bernama Ki Samin Surosentiko yang lahir di Desa Poso, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada 1859. Bagi masyarakat sekitar tempat tinggal, Ki Samin dikenal sebagai sosok mulia. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai intelektual desa. 

Samin juga pemimpin yang dihormati masyarakat setempat. Namun, tidak bagi pemerintah Belanda saat itu. Samin dikenal sebagai penjahat yang sering masuk keluar penjara karena tak patuh aturan penjajah.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda