Fraksi Demokrat Usul Pembentukan Panja Kasus Harun Masiku

Felldy Utama ยท Senin, 24 Februari 2020 - 21:06 WIB
Fraksi Demokrat Usul Pembentukan Panja Kasus Harun Masiku

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Demokrat, Benny K Harman (kanan). (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Belum tertangkapnya buronan KPK, Harun Masiku menimbulkan polemik serta berbagai prasangka terhadap sejumlah pihak termasuk pemerintah. Oleh sebab itu anggota Komisi III DPR RI Fraksi Demokrat, Benny K. Harman mengusulkan pembentukan panitia kerja (panja) dalam rangka mengusut secara tuntas kasus Harun Masiku.

Hal itu disampaikan Benny dalam rapat kerja bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020). Menurutnya panja ini bisa menguji hasil investigasi data perlintasan Harun Masiku yang dilakukan tim bentukan Kemenkumham.

"Saya mohon kalau mau mendalami ini, saya minta kita bentuk panja untuk mendalami soal Harun Masiku ini," kata Benny.

Dia menjelaskan hasil temuan panja dan tim investigasi bentukan Kemenkumham bisa dibandingkan untuk menemukan titik terang atas persoalan ini. Benny juga mengklaim dirinya memiliki data keberadaan Harun Masiku.

Akibat kegaduhan di balik kasus Harun Masiku ini, Benny mengatakan setidaknya ada tiga spekulasi yang berkembang di masyarakat. Menurutnya, spekulasi ini bisa terjawab dengan adanya pembentukan panja terkait kasus Harun Masiku.

"Pertama, pak HM ini sudah ditembak mati, sangat mungkin. Yang kedua saya bilang dia disembunyikan. Disembunyikan oleh siapa? Kita dalami melalui panja saya usulkan. Yang ketiga, dia menyembunyikan diri. Tapi yang ketiga ini aku tidak yakin. Panja perlu dibentuk supaya tuntas," ujar dia.

Editor : Rizal Bomantama