Gagal Lolos Daftar KPU, Partai Berkarya Legowo Kader Keluar

Felldy Utama · Minggu, 28 Agustus 2022 - 20:33:00 WIB
Gagal Lolos Daftar KPU, Partai Berkarya Legowo Kader Keluar
Ilustrasi Pemilu (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang menyatakan seluruh kader partainya dipersilakan keluar untuk bergabung dengan partai politik lain. Hal itu karena Partai Berkarya gagal lolos pendaftaran KPU.

Menurutnya, putusan tersebut menegaskan bahwa mimpi Partai Berkarya ikut berlaga di Pemilu 2024 telah kandas karena tak bisa lagi lanjut pada tahapan pendaftaran dan verifikasi partai calon peserta.

"Itu berarti partai peserta Pemilu 2019 yang dibangun secara mandiri dan gotong royong ini dengan 140 anggota DPRDnya yang tersebar di daerah, pengurusnya lengkap di 7.230 kecamatan, 514 kab/kota, 34 provinsi ini akan jadi penonton di Pemilu 2024," kata Picunang dalam keterangannya, Minggu (28/8/2022).

Namun, dia merasa bagi insan politik untuk menjadi penonton di pesta demokrasi  tidaklah mungkin. Picunang meyakini para kadernya tentu akan mencari perahu atau partai untuk dapat menampung dalam menyalurkan hasrat dan aspirasinya.

"Tentunya tidak ada paksaan bagi mereka untuk bertahan di Berkarya atau bergeser ke partai tertentu, tergantung kebutuhan dan keinginan masing-masing," ujarnya.

Dia menyampaikan bahwa beberapa partai baru siap menampung para kader partai Berkarya. Partai tersebut di antaranya Partai Republik Satu, Garuda, PSI, PKN, Partai Buruh, termasuk partai peserta Pemilu 2019 baik partai yang di parlemen maupun di luar parlemen.

"Komunikasi personal dengan pimpinan parpol tersebut sudah berjalan, tinggal masing-masing personal dan daerah menyesuaikan dan mengkomunikasikan kembali," tuturnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda