Gandeng Hanafi Rais Jadi Calon Sekjen, Mulfachri Harahap: Kami Bangun Tradisi Baru

Felldy Utama ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 01:10 WIB
Gandeng Hanafi Rais Jadi Calon Sekjen, Mulfachri Harahap: Kami Bangun Tradisi Baru

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Mulfachri Harahap. (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah bakal calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) menyiapkan strategi untuk menghadapi kongres yang akan digelar pada 12 Februari di Sulawesi Utara (Sultra). Tak terkecuali yang dilakukan Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Mulfachri Harahap.

Mulfachri yang berniat maju dalam perebutan kursi orang nomor satu di PAN baru-baru ini dikabarkan telah menggandeng Ahmad Hanafi Rais. Putra sulung putera pendiri PAN Amien Rais akan didapuk menjadi sekretaris jenderal (sekjen), jika dirinya terpilih dalam Kongres.

"Bukan hanya disiapkan, memang kami, saya dan Hanafi Rais sudah memulai atau mencoba membangun tradisi baru," kata Mulfachri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

BACA JUGA:

Zulkifli Hasan Bocorkan Kongres PAN Bakal Digelar 12 Februari di Sultra

Kongres PAN Berpeluang Besar Digelar di Sulawesi Tenggara

Wakil Ketua Komisi III DPR ini menjelaskan, tradisi baru yang dimaksud adalah calon ketua umum dan sekjen sudah ditentukan sejak awal bahkan sebelum pelaksanaan kongres digelar. "Kalau dalam kongres-kongres sebelumnya, biasanya sekretaris jenderal diambil dari formatur yang dipilih dari suara terbanyak setelah ketua formatur terpilih," ujarnya.

Dengan menciptakan tradisi baru ini, Mulfachri berharap kader yang memiliki hak suara biasa mengetahui sejak awal terkait 'duet' yang akan memimpin partai seperti apa. Dengan begitu, kader akan menilai bagaimana kredibilitas dari sosok keduanya.

"Jadi, sejak awal kita sudah menyampaikan kepada voters 'inilah pasangan yang nanti kita akan sandingkan dalam memimpin PAN ke depan'," kata Mulfachri.

Dia mengaku sudah berkeliling ke setiap wilayah bersama Hanafi Rais untuk menyampaikan semua pikiran dan gagasannya dalam membangun partai berlambang matahari biru itu. Hanya saja Mulfahcri enggan menyebutkan seberapa besar dukungan dari daerah terhadap dirinya dan Hanafi.

"Saya kira enggak elok lah kalau saya mengeluarkan statement seberapa besar dukungan yang sudah saya peroleh. Tetapi insyaallah, sambutan teman-teman di daerah sudah cukup baik. Dan mudah-mudahan, antusiasme itu nanti akan berubah dalam bentuk dukungan yang kongkret dalam Kongres yang akan datang," tuturnya.


Editor : Djibril Muhammad