Gawat, PMK sudah Menyebar di Seluruh Kabupaten Kota Jatim-Jateng dan Babel

Muhammad Refi Sandi ยท Kamis, 07 Juli 2022 - 19:12:00 WIB
Gawat, PMK sudah Menyebar di Seluruh Kabupaten Kota Jatim-Jateng dan Babel
PMK sudah menyebar di seluruh kabupaten kota di Jatim, Jateng, dan Bangka Belitung. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Koordinator Tim Pakar Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Wiku Adisasmito mengatakan terdapat tiga provinsi yang seluruh kabupaten dan kotanya telah terpapar wabah tersebut. Tiga provinsi yang dimaksud yaitu Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng) dan Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

"Data terakhir menunjukkan bahwa provinsi dengan seluruh kabupaten/kotanya telah terinfeksi virus PMK adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bangka Belitung," ujar Wiku dalam konferensi pers penanganan PMK di Youtube BNPB, Kamis (7/7/2022).

Sedangkan ada empat provinsi yang 80 persen lebih kabupaten dan kotanya telah terpapar virus PMK.

"Jawa Barat 96 persen, Sumatra Barat 84 persen, Jambi 81 persen, DIY 80 persen menjadi provinsi yang lebih dari 80 persen wilayahnya telah terinfeksi PMK," ujarnya.

Lebih lanjut, Wiku mengatakan satgas penanganan PMK terus berupaya agar 11 provinsi yang belum terpapar PMK dapat dipertahankan.

"Hal yang saat ini penting perlu diupayakan adalah untuk mempertahankan wilayah yang belum terdampak oleh PMK agar semaksimal mungkin dicegah masuknya virus ini ke wilayah tersebut. Maluku, Maluku Utara, NTT, Sulawesi, dan Papua adalah pulau-pulau di Indonesia yang belum terdampak oleh PMK," tuturnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda