Gencar Razia Knalpot Bising, Dirlantas Polda Metro: Resahkan Masyarakat

Irfan Ma'ruf ยท Sabtu, 18 September 2021 - 11:19:00 WIB
Gencar Razia Knalpot Bising, Dirlantas Polda Metro: Resahkan Masyarakat
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purwo Nugroho menyebut knalpot bising meresahkan masyarakat (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id -  Polisi gencar merazia knalpot bising motor. Kebisingan knalpot tersebut dinilai meresahkan masyarakat dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purwo Nugroho menyebut saat melaksanakan Crowd Free Night (CFN), polisi melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran knalpot bising atau knalpot yang tidak sesuai standar layak jalan yang semakin meresahkan.  

"Pelanggaran tersebut saat ini semakin meresahkan masyarakat dan menjadi komplain masyarakat karena menimbulkan polusi kebisingan suara yang itu nanti pertama tentu bisa menyebabkan kecelakaan lalin," kata Sambodo, Sabtu (18/9/2021). 

Knalpot bising dapat menyebabkan kecelakaan karena mengganggu konsentrasi pengendara yang tengah konsentrasi. Selain itu, pengendara knalpot bising cenderung memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi untuk menghasilkan suara keras. 

"Karena menganggu konsentrasi pengendara dan orang lain. Kedua berpotensi kecelakaan karena orang yang menggunakan knalpot bising itu cenderung memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi karena untuk mengeluarkan suara," tuturnya.

Penindakan terhadap knalpot bising juga dapat merusak Indra pendengaran seseorang. "Merusak indra pendengaran sehingga kita melaksanakan penindakan terhadap knalpot bising tersebut," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda