Gibran Wajib Lewati Tiga Tahapan Sebelum Dapat Restu Megawati di Pilwakot Solo

Aditya Pratama ยท Kamis, 24 Oktober 2019 - 18:07 WIB
Gibran Wajib Lewati Tiga Tahapan Sebelum Dapat Restu Megawati di Pilwakot Solo

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka usai bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, di kediamannya, Jl Teuku Umar, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka tidak otomatis menjadi calon wali kota Solo periode 2020-2025 dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan. Nantinya ada beberapa tahapan yang harus dijalani Gibran untuk mendapatkan tiket maju Pilwalkot Solo.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut Gibran akan menjalani tiga tahapan sesuai dengan peraturan yang ada. "Peraturannya partainya seperti itu, pintunya ada tiga," ujar Hasto di depan kediaman Megawati, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

"Keputusannya nanti DPP lakukan pemetaan politik, survei dan juga menyajikan hasil psikotes, dan Bu Mega yang memutuskan," kataya.

Hasto menjelaskan, Gibran maupun lainnya yang akan maju menjadi calon kepala daerah melalui PDIP, nantinya mereka wajib mengikuti sekolah kepala daerah.

"Jadi, semua ada prosesnya, maka semua ikuti tahapan-tahapan itu. Kemudian setelah direkomendasikan, siapa pun itu harus wajib mengikuti sekolah kepala daerah. Jadi PDIP menyiapkan sebagai pemimpin," ujarnya.

Saat bertemu Megawati, Gibran Rakabuming diberikan empat buku yang wajib dibaca bagi setiap kader PDIP. "Ibu juga menyampaikan bacaan wajib seperti buku Indonesia Menggugat, Mencapai Indonesia Merdeka, Lahirnya Pancasila dan Membangun Tatanan Dunia yang Baru," tutur Hasto.

Dia mengungkapkan, ada sejumlah pembahasan dalam pertemuan Megawati dengan Gibran, termasuk soal Pilkada Wali Kota Solo 2020-2025. Pertemuan tersebut sekaligus kursus politik dari Megawati kepada Gibran.

"Semua buku Bung Karno yang bersifat wajib, termasuk Mas Gibran pun juga oleh Ibu disarankan membaca 4 buku tersebut selain AD/ART partai," katanya.

Gibran dalam pertemuan dengan Megawati menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai Wali Kota Solo. Dia mengaku akan maju bukan dari calon independen.

"Saya tidak akan maju lewat independen seperti dikatakan di Solo kemarin. Itu tidak benar. Jadi saya tidak pernah berkata kepada siapa pun, di mana pun kalau saya akan maju lewat independen," ucap Gibran Rakabuming usai bertemu Megawati.

Editor : Djibril Muhammad