Gugus Tugas Miliki Satgas Pam dan Gakkum, Ini Tugasnya

Riezky Maulana ยท Minggu, 28 Juni 2020 - 14:09 WIB
Gugus Tugas Miliki Satgas Pam dan Gakkum, Ini Tugasnya

Malaysia deportasi 142 pekerja migran Indonesia melalui PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tak hanya berperan dalam pengendalian penyebaran covid-19. Staf Khusus KSAL, Laksma TNI Ribut Eko Suyatno mengatakan Gugus Tugas juga berperan dalam penanganan dan penegakkan hukum.

Hal itu menurutnya terlihat dengan adanya Satuan Tugas Bidang Pengamanan dan Penegakan Hukum (Satgas Pam dan Gakkum) di dalam Gugus Tugas. Satgas yang terdiri dari delapan orang itu bertugas membantu dan memantau tugas-tugas yang dilakukan oleh anggota TNI, salah satunya pemulangan pekerja migran Indonesia.

"Begitu terjadi pemulangan pekerja migran, di Bidang Operasi butuh pemantauan. Kami mengamankan dan memonitor, dan itu bagian dari pengamanan," katanya di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (28/6/2020).

Dia menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan stekholder terkait, termasuk Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk memonitor kedatangan pekerja migran sampai kembali ke daerah asalnya masing-masing daripada para PMI. Menurutnya, sejak awal hingga saat ini, komunikasi yang dilakukan terkait pemantauan PMI berjalan dengan baik.

"Kami memonitor dari rencana kedatangan sampai ke Indonesia kemudian pemeriksaan, positif negtif kemudian, di karantina sampai ke pengembalian. Alhhamdulillah kami didukung oleh stafnya Pak Benny Rhamdani (Kepala BP2MI). Kita menjalin komunikasi yang baik karena semua untuk kepentingan NKRI kita bersama," ucapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, ada beberapa titik yang dijadikan tempat kedatangan para PMI. Pertama Jakarta, Batam, dan Bali. Di Jakarta ada Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Tanjung Priok, Jakarta Utara yang menjadi tempat kedatangan.

"Jadi TNI dalam hal ini Mabes TNI, membuat satgas pelaksana di lapangan. Kalau debarkasi lewat laut atau kapal-kapal ditunjuk Lantamal III. Di darat ada Kogasgabpad, Brigjen TNI M Saleh," ucapnya.

Sementara itu, di Batam, dia mengatakan, pemerintah telah menyediakan Rumah Sakit Darurat (RSD) Pulau Galang. Tetapi, selain diperuntukkan untuk PMI yang masuk melalui Batam, RSD tersebut juga bisa ditempati oleh warga Kepulauan Riau yang terinfeksi Covid-19.

"Di Pulau Galang manakala PMI kita berkurang, itu untuk penderita covid-19 di Kepulauan Riau dan RSD Pulau Galang tetap berfungsi. Negara hadir menyiapkan sarana dan prasarana dan kewjiaban Pemda untuk melaksanakannya," ujarnya.

Sementara untuk di Bali, Pelabuhan Tanjung Benoa menjadi salah satu tempat proses debarkasi daripada PMI yang dievakuasi melalui jalur laut. Eko memastikan kerja-kerja tim di lapangan telah berjalan maksimal melalui satu komando.

"Untuk titik masuk pekerja migran kita di Benoa Bali. Mereka yang akan kerjasama dengan stekholder terkait mulai dari KKP BP2MI yang ada di sana, satu komando," ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama