Hadiri Sport dan Culture Day US Army-TNI AD, KSAD: Terlihat Hubungan yang Sangat Dekat

Riezky Maulana · Jumat, 13 Agustus 2021 - 20:02:00 WIB
Hadiri Sport dan Culture Day US Army-TNI AD, KSAD: Terlihat Hubungan yang Sangat Dekat
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menghadiri sport day US Army dan TNI AD

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa melihat secara langsung kegiatan sport and culture day di Yonif 600 R/Modang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (13/08/2021). Pada kegiatan sport day beragam kegiatan yang diselengarakan, antara lain permainan bakiak, floating carpet, dragon snake, dan tarik tambang.

Ketika menyaksikan pertandingan tarik tambang antara TNI AD dan US Army, Andika melihat adanya rasa kedekatan dan kebersamaan yang amat dekat dari prajurit kedua negara. 

"Saya sempat melihat pertandingan tarik tambang oleh Prajurit TNI AD dan US Army, di mana ada kebersamaan dan hubungan yang sangat dekat antar prajurit," kata Andika dalam keterangannya.

Dia menjelaskan, perbedaan Alutsista dan dan teknik pertempuran yang ada amat bisa dipelajari, akan tetapi yang tidak bisa terlewatkan dari Latihan Garuda Shield ke-15 ini adalah ikatan, kerjasama dan persaudaraan. Bahkan, saking inginnya merekatkan hubungan persaudaraan antar sesama prajurit, Andika meminta mereka saling bertukar.

"Saya sangat senang dengan apa yang telah dicapai. Saya ingin persaudaraan dan persahabatan ini terus berlanjut. Prajurit Yonif 600 R/Mdg terus berkomunikasi, saling tukar nomor HP sehingga persahabatan ini terus berlanjut," tuturnya.

US Army dan TNI AD menggelar sport day di Balikpapan (Foto: TNI AD)
US Army dan TNI AD menggelar sport day di Balikpapan (Foto: TNI AD)

Tidak kalah menarik dengan yang ada di Yonif 600 R/Mondang Balikpapan, sport and culture day juga berlangsung cukup meriah dan penuh keakraban antara prajurit TNI AD dan US Army di lapangan Aula Garuda Puslatpur Baturaja. Setelah melaksanakan senam arobic kedua prajurit dua negara ini melaksanakan pertandingan berbagai cabang olah raga, seperti bola voli, tenis meja dan sepak takraw. 

Dalam kegiatan tersebut, juga ditampilkan berbagai kesenian daerah yang menjadi ciri khas Indonesia. Antara lain, Tari Daerah Baturaja, Tari Kulintang, Rampak Gendang, Pencak Silat, Angklung, dan atraksi bela diri dari prajurit TNI AD.

Sementara itu, di daerah latihan Makalisung, Minahasa Utara, Sulawesi Utara juga melaksanakan hal yang sama. Kegiatan yang digelar di lapangan Rindam XIII/Merdeka, Bitung itu menampilkan beberapa pertandingan olah raga, seperti bola voli, sepak bola, sepak takraw, serta tarik tambang.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Bagikan Artikel: