Hitungan Internal BPN: Prabowo-Sandi 55,42%, Jokowi-Ma'ruf 44,14%

Ilma De Sabrini ยท Selasa, 14 Mei 2019 - 20:39 WIB
Hitungan Internal BPN: Prabowo-Sandi 55,42%, Jokowi-Ma'ruf 44,14%

Calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (14/5/2019). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno (Prabowo-Sandi) merilis hasil perolehan suara sementara internalnya terkait kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Hasilnya, pasangan Prabowo-Sandi mengungguli pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dari data yang dipaparkan, pasangan calon (paslon) nomor urut 02 Prabowo-Sandi memperoleh suara sebanyak 54,42 persen atau 48.657.483 suara. Sementara, paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh suara sebanyak 44,14 persen atau 39.599.832 suara. Hasil ini didapat dari penghitungan form C1 dari seluruh Indonesia yang telah dikumpulkan BPN Prabowo-Sandi.

Anggota Tim IT BPN Prabowo-Sandi, Laode Kamaludin menyebut, angka tersebut dapat dipastikan valid dan tidak bisa lagi diganggu gugat. Apabila terjadi perubahan, angkanya tetap menunjukkan pasangan penantang petahana yang unggul.

"Jadi yang selama ini menanyakan datanya, ini datanya. Ini hasilnya, pasangan Prabowo-Sandi unggul," kata Laode, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Dia pun mempersilakan apabila ada pihak yang ingin menantang atau menguji penghitungan suara yang telah dilakukan internal BPN. Laode mengaku siap jika itu benar ingin diadu datanya.

"Kalau ada yang mau menantang ini silakan, kita adu data saja. Inilah angka-angkanya yang kita miliki," ujarnya.

Bahkan, Laode mengklaim apabila formulir C1 yang telah dikumpulkan BPN Prabowo-Sandi ini asli dan dapat dipertanggung jawabkan. Mengingat, saat akan input data, pihaknya juga melakukan verifikasi dan validasi yang ketat.

"Data ini bisa dipertanggungjawabkan. Pertanyaannya, mana datamu? Ini dataku," ucapnya.


Editor : Djibril Muhammad