Iklan Komersial: Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis dan Contoh
Sehingga, tujuan iklan komersial ini adalah mengubah persepsi serta membentuk citra positif terkait dengan produk, jasa ataupun suatu merek. Hal ini disebut juga persuasive advertising.
Dengan demikian, diharapkan para konsumen beralih membeli produk atau menggunakan jasa tersebut. Selain menambah konsumen baru, iklan juga bertujuan untuk mempertahankan konsumen lama.
Apa maksudnya? Perlu kalian ketahui bahwa setiap produk pasti memiliki life cycle, yakni masa di mana mereka mengalami penurunan atau bahkan penolakan jika produk itu telah mencapai kondisi maturity di pasar. Dan hal ini lumrah dialami oleh setiap produk.
Guna memperpanjang usia produk di pasaran atau tidak mengalami penurunan lebih awal, diperlukan iklan komersial guna mengingatkan kembali para konsumen terkait produk atau layanan jasa yang sudah eksis sejak lama, hal ini biasa disebut dengan reminder advertising.
Untuk mengetahui seperti apa bentuk iklan komersial, berikut adalah ciri-ciri iklan komersial: