Iklan Komersial: Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis dan Contoh
1. Jenis Iklan Berbayar
Sesuai dengan namanya, ciri utama iklan komersial adalah salah satu jenis iklan yang berbayar karena tujuan utamanya adalah komersialisasi produk, merek atau jasa.
2. Persuasif
Ciri kedua dari iklan komersial adalah bersifat persuasif. Untuk menarik perhatian masyarakat atau calon konsumen, iklan komersial dibuat persuasif agar bisa menjangkau target pasar. Mulai dari ajakan, imbauan hingga keunggulan yang ditawarkan.
3. Bukan Bentuk Komunikasi Personal
Karena targetnya adalah menjangkau konsumen secara luas, sudah barang tentu ciri iklan komersial adalah bentuk komunikasi massa atau non personal communication.
4. Punya Target Pasar Tertentu
Ciri terakhir adalah punya target pasar tertentu. Setiap produk, jasa atau merek pasti memiliki target pasar tersendiri sesuai dengan produk atau jasa yang diiklankan. Apalagi di era media sosial (medsos) dan internet, iklan yang ditawarkan akan disesuaikan dengan riwayat atau kecenderungan target konsumen saat browsing atau bermedia sosial.
Iklan komersial juga terbagi menjadi dua jenis, yakni iklan komersial strategi dan iklan komersial taktis. Berikut adalah penjelasannya: