iNews Sore Live di iNews dan RCTI+ Senin Pukul 15.45: Stop WNA Masuk Indonesia, Kecuali TKA China?

Tim iNews.id ยท Senin, 25 Januari 2021 - 15:13:00 WIB
iNews Sore Live di iNews dan RCTI+ Senin Pukul 15.45: Stop WNA Masuk Indonesia, Kecuali TKA China?
iNews Sore Hari Ini Senin (25/1/2021). (Foto MNC Group).

JAKARTA, iNews.id - Di tengah situasi Indonesia yang masih berjuang mengatasi pandemi, publik dikejutkan dengan kabar sebanyak 153 warga negara asal China masuk ke Indonesia lewat Terminal III Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, pada Sabtu (23/1), di masa pelarangan warga negara asing (WNA) masuk Indonesia.

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mengklaim mereka masuk kelompok yang dikecualikan.

Diketahui, Pemerintah melarang WNA masuk ke Indonesia hingga 8 Februari 2021 untuk mencegah Covid-19 serta varian baru virus Corona dari Inggris.

Kepala Sub Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham Ahmad Nursaleh menerangkan TKA dari China itu boleh masuk di tengah pelarangan WNA masuk ke Indonesia. 

"Pada Sabtu 24 Januari 2021 telah mendarat mendarat pesawat China Southern Airlines dari Guangzhou dengan membawa 171 penumpang yang terdiri 153 WN RRT [China] dan 18 WNI," kata dia, Minggu (24/1).

"Seluruh penumpang asing yang mendarat tersebut masuk dalam kategori orang asing yang diizinkan masuk ke wilayah Indonesia berdasarkan SE Dirjen Imigrasi tentang pembatasan sementara masuknya orang asing ke wilayah Indonesia dalam masa pandemi covid-19," lanjut dia.

"iNews Sore" juga akan menghadirkan informasi warga negara Rusia yang dideportasi lantaran aksi viralnya terjun ke laut dengan motor. Selain melanggar Undang-undang Keimigrasian, bule Rusia tersebut juga diduga melanggar protokol kesehatan selama di Bali. 

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2