Ini 8 Dukungan Ruang Guru bagi Pendidikan di Indonesia selama Pandemi

Riezky Maulana ยท Rabu, 03 Februari 2021 - 23:26:00 WIB
Ini 8 Dukungan Ruang Guru bagi Pendidikan di Indonesia selama Pandemi
Head Of Public Policy Ruang Guru Amri Ilmma. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 sudah hampir satu tahun mewabah di Indonesia. Berbagai macam pihak telah berupaya menawarkan inovasi dan dukungan di tengah masa sulit seperti saat ini, tak terkecuali apliasi belajar Ruang Guru.

Head Of Public Policy Ruang Guru Amri Ilmma mengatakan, sejak Covid-19 mulai terdeteksi di Tanah Air, pihaknya sudah memberikan beragam kontribusi, khususnya di dunia pendidikan. Setidaknya, ada delapan hal yang dilakukan Ruang Guru sejak Maret 2020 silam.

"Selama pandemi Covid-19, Ruang Guru langsung bergerak untuk bisa kontribusi bagi pendidikan di Indonesia selama pandemi ini," ujar Amri, saat konferensi pers daring, Rabu (3/2/2021). 

Adapun kontribusi pertama yakni, mengadakan Program Sekolah Online Ruang Guru. Menurutnya, program tersebut melakukan broadcast video pembelajaran secara langsung untuk seluruh tingkatan, mulai dari kelas 1 hingga 12 dan juga bagi SMK. Para murid diajarkan langsung oleh guru yang disediakan Ruang Guru untuk seluruh mata pelajaran.

"Jadi sejak awal pandemi kita tahu seluruh kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah telah ditiadakan. Karena itu kita sejak 15 Maret 2020 melakukan broadcast video pembelajaran secara live. Ini kita lakukan agar siswa-siswi di Indonesia bisa belajar dengan baik walaupun di tengah situasi pandemi," katanya.

Program Sekolah Online Ruang Guru kata Amri telah diikuti lebih dari 10 juta pelajar di Indonesia. Menurutnya, berdasarkan perhitungan yang dilakukan, program tersebut mendapat tingkat kepuasaan yang sangat tinggi yaitu 9,3 dari skala 10.

Kedua, yaitu penyediaan Pelatihan Guru Gratis yang bisa diakses melalui aplikasi Ruang Guru. Program tersebut, menurutnya, berisikan pelatihan guru yang teridiri dari delapan topik utama dengan dilengkapi ratusan video, infografis, serta kuis-kuis di dalamnya. 

"Program ini tentunya bisa diakses oleh seluruh guru di Indonesia secara gratis dan cuma-cuma. Telah diikuti oleh lebih 200.000 guru di seluruh Indonesia," ucapnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2