Ini 8 Dukungan Ruang Guru bagi Pendidikan di Indonesia selama Pandemi

Riezky Maulana ยท Rabu, 03 Februari 2021 - 23:26:00 WIB
Ini 8 Dukungan Ruang Guru bagi Pendidikan di Indonesia selama Pandemi
Head Of Public Policy Ruang Guru Amri Ilmma. (Foto: Istimewa)

Amri menjelaskan, Ruang Guru turut mengadakan Program Bantu Belajar Anak-Anak yang ada di panti asuhan. Menurutnya, melalui program ini pihaknya berkeinginan mendukung kegiatan belajar mengajar yang layak bagi anak yatim piatu.

"Di sini kami memberikan akses gratis kepada puluhan ribu anak yatim piatu yang tersebar di 34 provinsi untuk seluruh jenjang sekolah. Jadi baik itu SD, SMP, dan SMA," ujarnya.

Anak-anak para tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 juga tak luput dari perhatian Ruang Guru. Menurut Amri, pihaknya menyediakan akses belajar terhadap 800 anak-anak dari para tenaga medis.

"Kita merasa tenaga medis yang telah berjuang sebagai garda terdepan melawan Covid-19. Sehingga kami merasa terpanggil," paparnya.

"Kelima kami juga bekerja sama dengan Kemendikbud dalam menyediakan modul yang berisi latihan soal. Jadi modul tersebut kami sediakan melalui website Kemendikbud bersamahadapicorona.kemendikbud.go.id. Dimana nantinya guru-guru bisa mendowload LKS soal-soal yang digunakan secara online maupun offline bagi sekolah masing-masing," katanya melanjutkan.

Program keenam ucap Amri, yaitu penyediaan sistem tata kelola pembelajaran atau learning management sistem (LMS) untuk para yang dinamai ruangkelas. Program ini baru saja dirilis tahun lalu. Melalui sistem tersebut, para guru dapat melaksanakan sistem pembelajaran jarak jauh dengan lebih mudah.

"Di situ sudah lengkap. Sebagai contoh memberikan tugas kepada murid, kemudian mengunggah materi belajar. Nantinya bisa berdiskusi juga secara langsung melalui group chat dan  live teleconference. Ini super-lengkap, all in one yang disediakan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh," katanya.

Dia menjelaskan, program ketujuh yakni Bimbingan Karir Skill Academy.

"Para peserta bisa mendapat akses diskusi, bimbingan soft skill, persiapan kerja hingga informasi lowongan pekerjaan," ucapnya.

Pada April 2020, Ruang Guru telah memberikan akses gratis tersebut kepada masyarakat umum. Saat itu animo masyarakat sangat tinggi, dengan menggaet sekira lebih 300.000 orang.

"Delapan atau yang terakhir, kami juga menyediakan akses ruang kerja, namun untuk organisasi dan perusahaan. Jadi di sini kami berikan akses gratis yang ditujukan bagi pelaku usaha kecil menegah untuk meningkatkan produktivitas bekerja mereka, terutama di masa pandemi," ujar Amri.

Editor : Donald Karouw