Ini Temuan Kemendagri Soal Masalah Pelayanan di Dinas Dukcapil

Dita Angga, Sindonews · Jumat, 15 Januari 2021 - 13:36:00 WIB
Ini Temuan Kemendagri Soal Masalah Pelayanan di Dinas Dukcapil
Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrullah. (Foto: iNews/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) menugaskan tim menjadi mystery shopper atau menyamar sebagai pemohon pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) pada 11 Januari lalu. Pasalnya pihaknya masih menerima keluhan dari masyarakat terkait pelayanan administrasi kependudukan di Disdukcapil.

Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullahpada mengaku telah menerjunkan 70 pejabat penanggungjawab provinsi, kabupaten/kota yang ada di 5 koordinator wilayah (Korwil), yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia Timur.

"Kita seolah olah ingin mengurus layanan kartu keluarga, akta lahir, surat pindah, dan e-KTP, KIA, dan KK. Tim yang menyamar mengajukan permohonan layanan online, bertanya kepada petugas berapa hari selesai, syaratnya apa, biayanya berapa dan, menilai seberapa cepat respons petugas," kata Zudan dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat (15/1/2021).

Dia mengatakan bahwa metode penyamaran ini sudah lazim digunakan di dunia bisnis untuk menilai proses atau kualitas pelayanan. Menurutnya dengan metode ini, hasil observasi dinilai akan lebih akurat karena pegawai tidak mengetahui adanya proses penilaian yang sedang dilakukan.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2