Jenderal Andika Perkasa Imbau Prajurit Marinir Rutin Olahraga: Lakukan Setiap Hari

muhammad farhan ยท Minggu, 15 Mei 2022 - 16:19:00 WIB
Jenderal Andika Perkasa Imbau Prajurit Marinir Rutin Olahraga: Lakukan Setiap Hari
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa mengimbau kepada jajarannya, khususnya prajurit Marinir TNI Angkatan Laut untuk lebih rajin berolahraga. (Foto: Antara/Nur Imansyah)

JAKARTA, iNews.id - Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa mengimbau kepada jajarannya, khususnya prajurit Marinir TNI Angkatan Laut untuk lebih rajin berolahraga. Hal ini disampaikannya saat berdiskusi dengan Komandan Korps Marinir ke-24, Mayjen TNI (Mar) Widodo DP di ruang kerja pribadi Panglima TNI Andika. 

Andika menekankan pentingnya menjaga kebugaran tubuh guna mempersiapkan penjagaan diri setiap personel militer TNI. Dia pun menyampaikan tantangan militer saat ini berada pada era yang berbeda. 

"Saya titip jajaran Mas Widodo harus bisa jaga diri. Karena kita di era yang berbeda. Saya di angkatan lain sudah mulai waktu itu, (karena) olahraga itu adalah kebutuhan," ujar Andika kepada Widodo yang ditampilkan melalui kanal youtube pribadi Andika, Minggu (15/5/2022). 

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat tersebut kembali menegaskan kepada Mayjen Widodo agar olahraga bagi jajaran Marinir dilakukan secara rutin. Bagi Andika, kegiatan olahraga itu tidak perlu dilakukan ketika terjadwal saja. 

"Olahraga itu adalah kebutuhan, jadi tidak ada jadwal. Tidak ada tuh namanya jadwal olahraga, apalagi seminggu dua kali, lakukan saja setiap hari. Siang, sore, malam, yang penting itu harus jadi bagian kebutuhan," ucap Andika.

Andika mengungkapkan tentara dituntut siap tanpa mengenal waktu. Oleh karenanya, Andika menilai sikap menjaga diri itu terlatih jika dibiasakan melalui kegiatan rutin berolahraga. 

"Kalau itu (kegiatan olahraga) sudah tertanam Mas, pasti powerful. Karena apa? Di mana pun dia berada, apapun yang dia lakukan, mau lagi operasi di mana pun, dia pasti sempat menjaga diri. Apalagi Marinir, pasukan khusus. Bukan untuk menjadi lebih kuat, bagi saya kita harus lebih sehat," ucap Andika. 

Andika pun mengulas jamuan makan malamnya bersama Widodo saat menerima kunjungan pasukan militer Australia. Andika meminta Widodo untuk melihat kebugaran fisik pasukan militer Australia. 

"Lihat badannya, lihat toh? Itu bintang tiga mas. Itu negara maju, sudah sadar. Mereka itu kan sudah tidak ada jadwal (berolahraga), dan olahraga itu bukan untuk badan seperti Jenderal (Australia) kemarin itu, itu bonusnya saja. Yang penting sehat Mas," kata Andika berpesan. 

"Siap Pak, luar biasa Pak," ujar Widodo atas penjelasan Andika.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda