Jokowi Apresiasi Langkah Bamsoet: Kalau Golkar Panas, Politik Indonesia Juga Panas

Wildan Catra Mulia ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 22:10 WIB
Jokowi Apresiasi Langkah Bamsoet: Kalau Golkar Panas, Politik Indonesia Juga Panas

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan di Munas X Partai Golkar di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (3/12/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi langkah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang mundur dari pencalonan ketua umum (caketum) Partai Golkar. Jika pemilihan caketum Partai Golkar panas, dia khawatir, kondisi politik Indonesia juga akan panas.

"Kalau Golkar panas, perpolitikan Indonesia juga ikut panas. Sebetulnya enggak apa apa, dalam kita berdemorkasi enggak apa apa. Kalau ada jalan persaudaraan atau jalan kerukunan yang bisa kita tempuh kenapa tempuh yang panas-panas," tuturnya.

BACA JUGA: Kelakar Jokowi saat Hadir di Munas Partai Golkar: Hawanya Sejuk

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan di Musyawarah Nasional (Munas) ke-X Partai Golkar, di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyebut, Golkar merupakan partai besar yang menjadi aset perpolitikan bangsa Indonesia. Terlebih, kestabilan politik saat ini sangat dibutuhkan untuk menjadikan Indonesia semakin maju.

"Kalau Golkar pecah jadi partai baru lagi, itu kekhawatiran saya. Golkar adalah partai besar, yang menjadi aset besar bagi negara kita Indonesia. Mari kita jaga bersama-sama," kata mantan walikota Solo ini.

"Kalau Golkar goyang, politik Indonesia juga goyang. Kalau Golkar dingin, kita juga dingin. Kenapa kita butuhkan stabilitas politik? Jangan sampai ada destabilisasi politik, karena negara-negara lain yang awalnya stabil, coba lihat Hong Kong, terjadi di mana-mana," tuturnya.

Jokowi mengatakan, stabilitas politik merupakan salah satu alasan kepercayaan para investor untuk datang dan menanamkan modal di Indonesia. Dengan begitu, dia mengapresiasi apa yang terjadi dalam lika-liku demokrasi di dalam Munas Golkar.

"Kalau stabilitas kita goyang sedikit saja, ini berbahaya karena menyangkut trust, orang enggak mau invest kalau enggak stabil. Invest ini akhirnya ke lapangan kerja yang luas ke masyarakat kita sehingga sekali lagi saya sangat apresiasi cara-cara demokrasi yang sudah diperlihatkan Golkar dalam munas ini," ujarnya.


Editor : Djibril Muhammad