Jokowi Bangga Ada Produsen Vaksin mRNA di Indonesia: Saya Senang, Kerjanya Diam-diam

Raka Dwi Novianto ยท Jumat, 07 Oktober 2022 - 21:57:00 WIB
Jokowi Bangga Ada Produsen Vaksin mRNA di Indonesia: Saya Senang, Kerjanya Diam-diam
Presiden Jokowi meresmikan pabrik Etana Biotechnologies di kawasan industri Pulo Gadung, Jakarta (dok. Setpres)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bangga dengan PT Etana Biotechnologies Indonesia yang menurutnya diam-diam bisa mendirikan pabrik vaksin Covid-19 dengan platform mRNA. Hal itu disampaikan usai meresmikan pabrik Etana Biotechnologies di kawasan industri Pulo Gadung, Jakarta, Jumat (7/10/2022).

"Saya senang, kerjanya diam-diam, saya sendiri tidak tahu, tahu-tahu jadi (pabriknya). Ini yang saya senang kayak gini. Bukan yang ngomong terus tapi saya tunggu-tunggu kok nggak jadi-jadi. Ini diam-diam langsung jadi, itu yang saya senang," kata Jokowi, Jumat (7/10/2022).

Jokowi mengaku bangga dengan Etana Biotechnologies yang bakal memproduksi vaksin platform mRNA pertama di Asia Tenggara.

Vaksin berbasis mRNA diketahui tidak menggunakan virus atau kuman yang dilemahkan atau dimatikan, melainkan menggunakan komponen materi genetik yang direkayasa agar menyerupai virus atau kuman tertentu.

"Oleh sebab itu saya sangat menyambut baik apa yang dilakukan oleh PT Etana Biotechnologies Indonesia dalam memproduksi vaksin dengan platform mRNA, dan ini yang pertama di Asia Tenggara," kata Jokowi.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda