Jokowi: Imam Nahrawi Mundur dari Menpora

Okezone ยท Kamis, 19 September 2019 - 11:48 WIB
Jokowi: Imam Nahrawi Mundur dari Menpora

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan Imam Nahrawi sudah mengajukan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Pengunduran diri itu usai Imam ditetapkan sebagai tersangka kasus suap dana hibah KONI oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mantan gubernur DKI Jakarta ini mengaku baru menerima surat pengunduran diri Imam Nahrawi sekitar satu jam yang lalu. Jokowi tengah mempertimbangkan apakah akan mengganti Imam Nahrawi atau menunjuk Plt Menpora yang baru.

"Tadi sudah disampaikan surat pengunduran diri dari Menpora Imam Nahrawi," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

BACA JUGA:

Jadi Tersangka KPK, Menpora Imam Nahrawi Akan Patuhi Proses Hukum

Sebelum Jadi Tersangka, Menpora Imam Nahrawi 3 Kali Mangkir Panggilan KPK

Tersangka Kasus Suap KONI, Menpora Imam Nahrawi Diduga Terima Uang Rp26,5 Miliar

Jokowi mengaku belum memutuskan nasib Imam Nahrawi setelah ditetapkan tersangka. Namun, dia kembali mengingatkan jajarannya untuk berhati-hati dalam menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Semuanya hati-hati dalam menggunakan anggaran, menggunakan APBN karena semua akan diperiksa BPK, KPK," ujarnya.

KPK menetapkan Imam Nahrawi dan Asisten Pribadi Menpora Miftahul Ulum sebagai tersangka. Mereka berdua ditetapkan dalam rangka pengembangan kasus ini sebelumnya.

Imam Nahrawi diduga telah menerima uang senilai Rp26,5 miliar terkait dengan perkara ini. Penerimaan itu diketahui terjadi dua kali, pertama sebanyak Rp14,7 miliar dan Rp11,8 miliar.

Dalam perkara ini, Imam dan Ulum disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) Pasal 64 ayat (1) KUHP.


Editor : Djibril Muhammad