Jokowi Ingatkan Birokrasi Harus Senang Melayani Bukan Dilayani
Jokowi menyebut perlu kerja besar untuk mengubah model pelayanan birokrasi yang selama ini kaku. Selain itu juga seringkali kerja birokrasi dinilai terjebak pada hal-hal yang bersifat prosedural, administratif.
“(Diubah) menjadi pelayanan publik yang menekankan pada kecepatan inovatif berorientasi pada hasil. Sekali lagi ini sebuah kerja besar kita bersama. Memerlukan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat dan juga memerlukan pengawasan dari Ombudsman Republik Indonesia. Baik berupa input, berupa kritik dan dukungan agar pelayanan publik di negara kita semakin berkualitas,” ujarnya.
Pada kesempatan itu Jokowi juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ombudsman yang terus mengawal dan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara. Baik oleh pusat maupun pemerintah daerah.
Termasuk yang diselenggarakan oleh BUMN, serta badan swasta dan perseorangan yg diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu.
Editor: Muhammad Fida Ul Haq