Jokowi Posting Foto Kenangan Terakhir bersama BJ Habibie di Istana Negara

Aditya Pratama ยท Rabu, 11 September 2019 - 20:33 WIB
Jokowi Posting Foto Kenangan Terakhir bersama BJ Habibie di Istana Negara

Presiden Joko Widodo bersama Presiden ke-3 RI BJ Habibie. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki banyak kenangan bersama Presiden ke-3 RI Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Tidak lama setelah negarawan itu meninggal pada pukul 18.05 WIB tadi di RSPAD Gatot Soebroto, Jokowi memosting foto kenangan terakhirnya bersama Habibie di Istana.

Foto yang diposting satu jam lalu ini mendapat banyak respons dari para netizen. Sebanyak lebih dari 1 juta netizen memberikan like pada foto itu dan hampir 23.000 komentar hingga Rabu malam (11/9/2019).


Dalam foto itu, Jokowi dan Habibie tampak berjalan berdampingan di salah satu ruangan di Istana Negara. Jokowi berpakaian kemeja putih sedangkan Habibie yang berada di sisi kirinya mengenakan batik dan peci. Habibie terlihat membawa map ditangan kirinya. Wajah keduanya tersenyum.

Dalam keterangan foto yang di-posting, Presiden Jokowi hanya memberikan keterangan singkat. “Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Selamat jalan Bapak BJ Habibie,” tulis Presiden Jokowi.

BACA JUGA:

Berselimutkan Merah Putih, Jenazah BJ Habibie Diberangkatkan ke Rumah Duka

BJ Habibie Wafat, Ini Kenangan Jokowi

Jokowi sebelumnya mengatakan, selama menjabat sebagai Presiden, dirinya kerap berkonsultasi kepada Habibie. Konsultasi itu tentang berbagai macam persoalan negara. Habibie pun selalu memberikan solusi kepada Jokowi untuk persoalan-persoalan itu.

“Beliau selalu langsung menyampaikan solusinya, jalan keluarnya. Beliau sering datang ke istana,” ujar Jokowi.

Jokowi datang ke RSPAD Gatot Soebroto lima menit setelah Habibie meninggal dunia. Presiden Jokowi menyebut sosok Presiden ketiga RI BJ Habibir seorang negarawan yang patut dijadikan contoh kehidupan berbangsa sehari-hari.

“Beliau adalah seorang negarawan yang patut dijadikan contoh kehidupan sehari-hari,” ujar Jokowi di Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Soebroto Jakarta, Rabu.

Presiden Jokowi sehari lalu, Rabu (10/9/2019), juga memosting videonya saat menjenguk BJ Habibie, Selasa, 9 September 2019 di akun Instagramnya. Dalam keterangan foto, Jokowi memberikan keterangan mengenai kedatangannya ke RSPAD Gatot Soebroto.

“Selamat pagi. Saat ini, Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie tengah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto. Saya datang menjenguk beliau di Paviliun Kartika selepas magrib semalam, bertemu dokter dan keluarga yang menunggui. Mari berdoa untuk kesembuhan Bapak Habibie, agar beliau segera kembali berkegiatan seperti sediakala.”


Editor : Maria Christina