Jokowi Terbitkan PP dan Keppres Perkuat Pembatasan Sosial Berskala Besar

Felldy Utama ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 15:25 WIB
Jokowi Terbitkan PP dan Keppres Perkuat Pembatasan Sosial Berskala Besar

Tangkapan layar Presiden Joko Widodo (Jokowi).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan peraturan pemerintah (PP) guna memperkuat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBS). Kebijakan tersebut telah ditetapkan Jokowi dalam rapat kabinet terbatas, Senin, 30 Maret 2020.

"Pemerintah sudah menerbitkan PP tentang pembatasan sosial berskala besar. Pemerintah juga telah menerbitkan Keppres Kedaruratan Kesehatan untuk menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar," katanya dalam keterangan pers di Istana Bogor, Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Jokowi meminta semua kepala daerah dapat menyesuaikan kebijakan di daerahnya masing-masing dengan terbitnya PP tersebut. Sementara untuk Polri, dia menegaskan dapat mengambil langkah-langkah hukum sesuai dengan aturan yang ada.

"Agar pembatasan sosial berskala besar dapat berlaku," ujar mantan gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi memaparkan, pemerintah telah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat terkait pandemi covid-19 (virus corona). Pemerintah juga telah menetapkan pembatasan sosial berskala besar.

"Sesuai UU, ini ditetapkan oleh Menkes yang berkoordinasi dengan kepala gugus tugas, dasar hukumnya adalah UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan," tuturnya.

Editor : Djibril Muhammad