Kasatgas  Covid-19: PPKM MIkro Terbukti Efektif Kendalikan Lonjakan  Covid-19

Raka Dwi Novianto · Selasa, 22 Juni 2021 - 00:26:00 WIB
Kasatgas  Covid-19: PPKM MIkro Terbukti Efektif Kendalikan Lonjakan  Covid-19
Kasatgas Covid-19 Ganip Warsito (Foto: BNPB)

Efektifnya PPKM Mikro, kata Kepala BNPB itu, dicontohkannya pada saat libur panjang Natal dan Tahun Baru. Dimana saat itu ada penurunan kasus positif  Covid-19. Namun, pasca lebaran kembali mengalami kenaikan.

"Lonjakan ini disebabkan oleh karena mobilitas masyarakat dalam rangka liburan panjang yaitu lebaran kemudian juga kedisplinan masyarakat yang menurun terhadap proses dan yang ketiga terindikasi ada varian baru yang masuk ke wilayah kita sehingga inilah yang menyebabkan lonjakan itu," tuturnya.

Sesuai instruksi Mendagri, PPKM Mikro sudah diatur untuk mengendalikan mobilitas masyarakat khususnya tempat kerja perkantoran, di kegiatan belajar mengajar, tempat ibadah, restauran atau tempat makan, pusat perbelanjaan dan mal, kemudian kegiatan seni sosial budaya fasilitas dan transportasi umum.

"Oleh karenanya PPKM Mikro masih diyakini masih efektif untuk bisa mengendalikan itu dengan catatan implementasi pelaksanaan di lapangan terhadap penegakan protokol kesehatan dan pengendalian mobilitas masyarakat ini menjadi kata kunci yang harus kita bisa laksanakan dengan baik," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda